Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo

Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Universitas Negeri Gorontalo merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti program SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan sistem Ujian Tulis dan juga SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak melaksanakan ujian tulis.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit di Universitas Negeri Gorontalo. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Gorontalo. Pendirian Program Studi Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo dimulai dengan pengusulan Proposal Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter yang diajukan ke Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2009.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B". Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran UNG

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran UNG beserta Akreditasi Nasional sejumlah program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran. Program studi tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKadaluarsaKeterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum Proses Akreditasi oleh LAM-PTKes -- -- fk.ung.ac.id
Profesi Dokter Proses Akreditasi oleh LAM-PTKes -- -- fk.ung.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran UNG

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UNG ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jalur PMB Pendaftaran Jadwal Ujian Gel. I Jadwal Ujian Gel. II Pengumuman Hasil Keterangan
SNMPTN 14 - 28 Februari 2022 Tidak ada Ujian Tulis Tidak ada Ujian Tulis 29 Maret 2022 ltmpt.ac.id
UTBK-SBMPTN 23 Maret - 15 April 2022 17 - 23 Mei 2022 28 Mei - 03 Juni 2022 23 Juni 2022 ltmpt.ac.id

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran UNG. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran UNG

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran UNG ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan bisa Anda diunduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UNG
  2. Pembahasan Soal | silakan bisa Anda diunduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran UNG

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran UNG

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan visitasi ke fakultas kedokteran UNG Gorontalo. Kunjungan LAM-PTKes yang diwakili tim asesor ke fakultas paling bungsu di UNG dalam rangkaian akreditasi program studi profesi dokter.

Kedatangan tim asesor yakni Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K), dr. Tridjoko Hadianto, DTMH, M.Kes, dan dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm D, yang akan melakukan visitasi selama 4 hari tersebut, disambut langsung Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, didampingi jajaran pimpinan fakultas kedokteran.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Harto Malik, M.Hum, dalam sambutannya mengatakan, rangkaian asesmen lapangan merupakan bagian dari tahapan akreditasi pertama kalinya untuk prodi profesi dokter UNG.

“Diakreditasi perdana ini kami semua berharap prodi profesi dokter akan memperoleh hasil yang terbaik, sehingga dapat semakin memotivasi seluruh civitas akademika untuk meningkatkan kinerjanya,” harap Harto.

Menurutnya keberadaan fakultas kedokteran di UNG menjadi kebanggan bagi masyarakat Gorontalo dan juga wilayah teluk tomini. Bahkan diusianya yang masih seumur jagung, animo yang ditunjukan oleh masyarakat terhadap kedokteran UNG sangatlah besar, dengan banyaknya peminat yang mendaftar masuk baik itu pada jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Mandiri.

“Dengan adanya akreditasi diharapkan dapat mempertegas keunggulan prodi profesi dokter, sehingga masyarakat akan semakin percaya dengan kualitasnya dan tidak akan ragu untuk mengenyam pendidikan di sini,” terang Harto.

Sementara itu menurut ketua tim asesor Prof. Dr. dr. Eryati Darwin, PA(K), kedatangan tim asesor untuk melihat dan memotret kondisi di lapangan yang ada pada prodi kedokteran UNG, yang selanjutnya akan dilaporkan kepada pihak LAM-PTKes.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang kami sosialisasikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kepentingan para pelajar di Tanah Air. Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ung.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments