Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Tahun 2019

Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi didirikan pada tanggal 28 Mei 1959 dalam lingkungan Universitas Sulawesi Utara Tengah (UNSUT) berdasarkan Surat Pekuper Nomor 522/Pert/Pekuper/1958 tertanggal 5 Mei 1959 yang selanjutnya diakui sebagai Fakultas Kedokteran Negeri pada tanggal 26 Desember 1961 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan RI Nomor 8242/UP/II/61 dan kemudian dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 227 Tahun 1965 ditetapkan sebagai Fakultas Kedokteran Unsrat.

Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (FK Unsrat) mempunyai cukup banyak program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTN ini diantaranya adalah Program Pendidikan Sarjana Pendidikan Dokter, Profesi Dokter (PSPD), Program Studi Pendidikan Dokter Gigi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Dokter Spesialis.

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi termasuk masih muda, Fakultas tersebut secara resmi berdiri pada tanggal 27 Januari 2005. Latar belakang berdirinya program studi ini tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat di provinsi Sulawesi Utara akan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang semakin meningkat dari tahun ke tahun namun tidak diimbangi dengan jumlah tenaga dokter gigi yang masih sangat terbatas.

Dari beberapa program studi atau jurusan di Universitas Sam Ratulangi, kami berikan informasi terkait Akreditasi Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes Tahun 2019. Untuk selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Pendidikan Sarjana Pendidikan Dokter Nilai A Peringkat A 0144/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2017
2 Profesi Dokter Nilai A Peringkat A 0145/LAM-PTKes/Akr/Pro/IV/2017
3 Pendidikan Dokter Gigi Nilai B Peringkat B 0277/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018
4 Ilmu Keperawatan -- -- BAN-PT
5 Dokter Spesialis - Ilmu Bedah *) Nilai A Peringkat A 0090/LAM-PTKes/Akr/Spe/II/2018
6 Dokter Spesialis - Ilmu Kesehatan Anak Nilai A Peringkat A 0549/LAM-PTKes/Akr/Spe/IX/2017

Keterangan :

- *) Direktur Utama RSUP Prof Dr R.D Kandou dr Maxi R Rondonuwu DHSM, MARS pernah mengatakan bahwa peran dari rumah sakit terus berkolaborasi dengan fakultas kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Lanjut Direktur Utama, strategi utama adalah bagaimana meningkatkan pelayanan dan pendidikan Spesialis dan sub spesialis juga bagaimana meningkatkan kerjasama rumah sakit jejaring dan juga kerjasama dengan institusi pendidikan di Asia Pasifik.

Menurut Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA bahwa UNSRAT sangat mengharapkan nilai yang ada adalah yang tertinggi, karena Universitas Sam Ratulangi sudah melewati S1 Kedokteran Umum bisa mendapatkan nilai A dan Profesi juga nilai A serta terakhir Universitas Sam Ratulangi nilai A. Capaian-capaian ini tentunya bukan untuk kami sendiri tetapi teristimewa untuk para mahasiswa.

Dengan Akreditasi A bukan hanya kebanggaan yang diperoleh tetapi bagaimana dengan lebih mudah memperoleh lapangan kerja. Rektor mengharapkan, supaya masukan-masukan teristimewa dari Tim Asesor bagian bedah Fakultas Kedokteran UNSRAT dan tentunya buat RSUP Prof Kandou hasil yang didapat tentunya hasil yang terbaik.

- Untuk Prodi yang belum/tidak ada nilai akreditasinya di Universitas Sam Ratulangi, hal tersebut dimungkinkan karena PTN ini tidak/belum mengajukan visitasi dan penilaian dari Lembaga akreditasi Nasional BAN-PT serta Lembaga akreditasi PT Kesehatan LAM-PTKes atau sudah mengajukan visitasi dan penilaian ke Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes, namun masih dalam proses penilaian. Terima kasih!

Semoga Informasi tentang Akreditasi Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi ini diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber dalam menentukan atau memilih Program Studi bagi para calon mahasiswa (cama) di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- unsrat.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

Post a Comment

0 Comments