Akreditasi Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Tahun 2019

Posted by Online Consultant on Saturday, January 12, 2019

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas di Universitas Alkhairaat Palu (Unisapalu) yang memiliki sejumlah program studi atau jurusan. Program studi / jurusan yang ada di bawah Fakultas PTS ini diantaranya adalah Program Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter (PSPD)).

Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes), secara resmi telah mengumumkan akreditasi B bagi dua program studi (prodi) di Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat (Unisa) dengan nilai 307 dari sedikitnya 126 item yang dinilai.

Surat Kepurusan (SK) tersebut diberikan melalui Surat Keputusan (SK) Nomor: 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018 untuk Prodi Kedokteran dan SK nomor.0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018 untuk Prodi Profesi Dokter.

Dekan FK Unisa, dr Mukramin Amran mengatakan bahwa perolehan akreditas B ini merupakan bagian dari kekuatan doa untuk mengantarkan Fakultas Kedokteran Unisa menjadi lebih baik. Menurutnya, diraihnya akreditasi B tersebut sebagai jawaban atas pemberitaan miring tentang Unisa yang berkembang selama ini. Tentunya juga tidak lepas dari kerja keras tim dan stakeholder di lingkungan Unisa.

Namun beliau menegaskan bahwa perolehan peringkat akreditasi B bukanlah tanda berakhirnya perjuangan untuk membangun Fakultas Kedokteran Unisa, melainkan sebagai langkah awal untuk terus berjuang dalam pengembangannya.

Sementara Rektor Unisa, Dr. H. Hamdan Rampadio, menyebutkan, akreditasi B yang diperoleh Fakultas Kedokteran merupakan prestasi yang luar biasa. Nilai yang didapat tersebut harus dipertahankan. Dengan akreditasi B itu sangat memungkinkan bagi Fakultas Kedokteran untuk menerima mahasiswa baru dengan jumlah berkisar 50 sampai 100 orang ke depan.

Sementara Ketua Prodi Kedokteran, dr. Ruslan menegaskan, pihaknya akan terus mendorong peningkatan kualitas mahasiswa, dengan terus mengawasi kedisiplinan selama proses perkuliahan.

Dari beberapa program studi atau jurusan di Universitas Alkhairaat, kami berikan informasi terkait Akreditasi beberapa Program Studi berdasarkan penilaian BAN-PT dan LAM-PTKes. Untuk selengkapnya silakan Anda memanfaatkan informasi di bawah ini :

Akreditasi Program Studi di Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Tahun Akademik 2019/2020


NomorNama Jurusan Akreditasi BAN-PTAkreditasi LAM-PTKes Keterangan
1 Pendidikan Sarjana Kedokteran Nilai B Peringkat B 0016/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2018
2 Profesi Dokter Nilai B Peringkat B 0017/LAM-PTKes/Akr/Pro/I/2018

Keterangan :

- Semua Prodi yang di bawah Fakultas Kedokteran di Universitas Alkhairaat sudah mendapatkan penilaian dari Lembaga BAN-PT dan LAM-PTKes. Terima kasih!

Fakultas Kedokteran Universitas Al-Khairaat-Palu, telah dipercaya kembali untuk melaksanakan ujian Uji Kompetensi Mahasiswa Program Pendidikan Dokter-Objective Structured Clinical Examination (UKMPPD-OSCE) dimana ujian tersebut juga dilaksanakan serentak secara Nasional di tiga wilayah (Barat, Tengah dan Timur), pelaksanaan ujian ini juga adalah, metode/cara untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur.

Disamping itu, ujian UKMPPD-OSCE di Fakultas Kedokteran Unisa telah dilaksanakan sejak tahun 2016 yang lalu yang telah meluluskan puluhan dokter, serta pada tahun 2018 ini. Kepercayaan dari Kemenristekdikti sebagai pelaksana bersama dengan Universitas Tadulako (UNTAD) Palu, juga merupakan salah satu bukti kredibilitas dan keberhasilan FK.UNISA dalam meraih peringkat Akreditas B pada bulan Februari 2018 yang lalu.

Semoga Informasi tentang Akreditasi Program Studi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat diharapkan jadi salah satu bahan atau sumber yang utama dalam menentukan atau memilih Program Studi bagi para calon mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat. Amiin Ya Alloh Ya Robbal 'Alamin!

Sumber:
- BAN-PT Kemdikbud
- fkunisa.ac.id
- banpt.blogspot.com
- fk.ujiantulis.com
- LAM-PTKes

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget