Informasi Pendaftaran dan Ujian Kedokteran Unkhair Tahun Akademik 2019/2020

Posted by Online Consultant on Friday, January 4, 2019

Seperti halnya FK UIN Alauddin, Fakultas Kedokteran Unkhair pun tergolong masih baru. Namun pihak Fakultas Kedokteran Universitas Khairun, segera menetapkan tujuan Fakultas diantaranya untuk tercapainya hasil penyelenggaraan Fakultas di bidang Pendidikan Tinggi berupa lulusan yang beriman, bertaqwa, berakhlak terpuji, berwawasan Kedaruratan Medik, dan memiliki profesionalisme untuk mampu bersaing dalam skala nasional maupun internasional.

Selain itu tercapainya hasil penyelenggaraan Fakultas di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Riset dan Karya Ilmiah di bidang Ilmu-Ilmu Kedokteran dan Biomedik terkini untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu, pendidikan serta pelayanan kepada masyarakat yang menjadi stakeholdersnya, dan tercapainya hasil pengembangan Organisasi dan Manajemen Fakultas berupa struktur organisasi yang sehat, berbasis Teknologi Informasi.

Demi mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran di masa mendatang, Fakultas Kedokteran Unkhair segera mengajukan Akreditasi untuk Fakultas Kedokteran Unkhair. Pada tanggal 16 November 2018 Tim Assesor LAM-PTKes (Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia) telah melakukan survey akreditasi Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Khairun. Mereka diantaranya adalah Prof. Dr. Indri Safitri Mukono, MS. Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro dan dr. Arthur Hendrik Philips Mawuntu, Sp.S.

Sekertaris LP3M Unkhair, M. Abjan Fabanyo, SPi.M.Si mengatakan Aspek penilaian oleh tim Assesor LAM-PTKes terdiri dari tujuh standar mutu pendidikan yaitu:

1. Visi Misi Tujuan dan Strategi.
2. Tata pamong, kepemimpinan sistem pengelolaan dan penjaminan mutu.
3. Mahasiswa dan lulusan.
4. Sumber daya manusia.
5. Kurikulum pembelajaran dan suasana akademik.
6. Pembiayaan sarana prasarana serta sistem informasi.
7. Penelitian, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama, Semua kegiatan akreditasi akan berorientasi kepada tujuh standar yang telah ditetapkan bersama oleh BAN PT.

Ketua Tim Assesor LAM-PTKes Prof. Dr. dr. Indri Safitri Mukono, MS. sedang melakukan visitasi di Fakultas Kedokteran Unkhair (14 November 2018).

Selain tujuh standar di atas ada juga aspek pendukung dalam penilaian akreditasi ini yang juga bagian dari tujuh standar tersebut, aspek pendukung ini adalah upaya kerjasama Fakultas Kedokteran dengan Rumah Sakit dan Puskesmas yang dinilai mampu menunjang proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran, oleh karena itu tim Assesor LAM-PTKes pada hari kedua melakukan kunjungannya ke Rumah Sakit Chasan Boesoeri dan Puskesman Kota Ternate.

Anggota Tim Assesor LAM-PTKes sedang melakukan visitasi

Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,Sp.A.,MM mengatakan akreditasi perdana ini kami didatangi oleh 3 orang Tim Assesor LAM-PTKes, mereka adalah Prof. Dr. dr. Indri Safitri Mukono,MS. Bertindak sebagai ketua tim assesor dan dua orang anggota yaitu Dr.dr. Bagus Komang Satriyasa,M.Repro dan dr. Arthur Hendrik Philips Mawuntu,Sp.S. Tim ini telah berada di Ternate sejak tanggal 13 November 2018, tim ini mulai melakukan aktifitas visitasinya pada tanggal 14-15 November 2018, dijelaskan lagi oleh Dekan Fakultas Kedokteran bahwa hari pertama tim ini melakukan visitasi terhadap borang yang terdiri dari tujuh standar, untuk hari kedua tim Assesor LAM-PTKes akan melakukan kunjungannya terhadap aspek pendukung pembelajaran yakni Rumah Sakit Chasan Boesoeri dan Puskesmas di wilayah Kota Ternate.

Proses visitasi akreditasi perdana ini berjalan dengan lancar, terlihat para pimpinan Fakultas, Dosen pengajar maupun staf administrasi dan mahasiswa mendukung dengan mempersiapkan semua kebutuhan baik dokumen pendukung maupun hal lainnya, Dekan Fakultas Kedokteran dr. Marhaeni Hasan,S.pA.M.M ditanyai oleh humas, apa harapan ibu dengan proses akreditasi perdana ini, beliau menjawab yang sangat diharapkan adalah Fakultas Kedokteran Unkhair yang baru dibangun ini segera terakreditasi, karena dengan akreditasi ini akan mendukung pengembangan Fakultas Kedokteran di masa mendatang.

Keterangan Gambar: Kegiatan Akademik FK Universitas Khairun

Selanjutnya terkait proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Khairun (Unkhair) mirip dengan yang diselenggarakan Unpad Bandung yaitu 2 seleksi bersifat Nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, Unkhair belum memberikan informasi terkait menggelar seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru yang bersifat mandiri yang bernama Seleksi Mandiri Unkhair untuk Tahun Akademik 2019/2020.

Dari berbagai jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Unkhair, kami berikan informasi Pendaftaran dan Seleksi Kedokteran Universitas Khairun Tahun Akademik 2019/2020. Untuk selengkapnya silakan para pengunjung memanfatkan informasi dalam bentuk Tabel Informasi di bawah ini :

Informasi Pendaftaran dan Seleksi Pendidikan Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Tahun Akademik 2019/2020


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unkhair 04 Februari – 14 Februari 2019 Pengisian dan Verifikasi PDSS :
04 Januari – 25 Januari 2019
23 Maret 2019
2 Sbmptn Unkhair - SBMPTN UTBC sekitar April 2019,
- SBMPTN UTBK sekitar April 2019
Ujian tertulis (UTBC dan UTBK) :
sekitar Mei 2019.
sekitar Juli 2019

Keterangan :

- Jadwal masih akan kami tambah lagi terkait beberapa Jadwal Pendaftaran Seleksi yang belum ditetapkan, terima kasih!

Kami berharap informasi mengenai Seleksi Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Tahun Akademik 2019/2020 ini dapat bermanfaat khususnya bagi para pelajar yang berminat meneruskan kuliah di Fakultas Kedokteran, Amin Yaa Alloh Yaa Robbal 'Alamin!

Sumber:
- unkhair.ac.id
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

 
Blogger Widget