Soal Kedokteran

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unjani

Dua Program Studi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), yaitu Prodi Pendidikan Dokter (S1) dan Dokter Profesi memperoleh akreditasi Baik Sekali. Namun walaupun demikian, Unjani telah melakukan persiapan untuk Akreditasi Prodi Unggul Melalui Akreditasi Internasional AQAS, tampaknya termasuk juga prodi di lingkungan Fakultas Kedokteran.

Berikut ini akan kami publikasikan hasil Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0382/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021Baik Sekali2022-09-23Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0383/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021Baik Sekali2022-09-23Unduh Dokumen

Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) pada Rabu (17/2) menyelenggarakan kegiatan webinar dengan topik Persiapan Akreditasi Prodi Unggul Melalui Akreditasi Internasional AQAS. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D., beserta jajarannya dan para Ketua Program Studi (Prodi), baik secara online maupun offline di Gedung Rektorat. Selain itu, kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa Ketua Prodi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kegiatan webinar ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi akreditasi internasional yang merupakan upaya peningkatan akreditasi prodi, institusi, dan universitas. Awal pelaksanaanya telah dilakukan pada Desember tahun lalu, yang berkaitan dengan pelatihan untuk pengisian laporan kinerja prodi jalur akreditasi BAN PT.

Tidak hanya itu, alasan dilakukan sosialisasi tersebut adalah sebagai upaya Universitas Jenderal Achmad Yani meraih akreditasi internasional, baik dalam penilaian program studi atau pun institusi. Namun, sebuah universitas harus memiliki 30% prodi yang terakreditasi A sebagai persyaratan mendapatkan akreditasi internasional tersebut. Oleh sebab itu, Universitas Jenderal Achmad Yani perlu memiliki 4 prodi dengan akreditasi A. Sementara itu, Universitas Jenderal Achmad Yani memiliki 21 prodi, dan hanya 3 prodi yang telah terakreditasi A, sementara 19 prodi lainnya terakreditasi B.

Dengan demikian, Rektor pun berujar bahwa Universitas Jenderal Achmad Yani sudah seharusnya take off untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Pada kesempatan ini juga Rektor menyampaikan kepada setiap Ketua Prodi di Universitas Jenderal Achmad Yani yang hadir di kegiatan tersebut, untuk tidak main-main dalam membangun universitas, karena menurutnya, untuk melakukan peningkatan demi peningkatan dibutuhkan sinergitas dari seluruh Civitas Akademik, ujar Rektor.

Ketua Prodi Manajemen UPI, Dr. Heny Hendrayati, S.IP., MM,. menjelaskan bahwa Prodi perlu akreditasi internasional sebagai bentuk pengakuan di mata internasional. Hal itu dilandasi bahwa akreditasi internasional Prodi merupakan salah satu media strategis karena menunjukan kualitas outcome pendidikan. Beliau juga memaparkan mengapa akreditasi internasional penting. Menurutnya, hal tersebut sebagai penjaminan mutu dalam bidang pendidikan, peningkatan branding, pengakuan dari pemerintah, pengakuan masyarakat, lulusan yang berkualitas dengan standar internasional, jaminan proses produk memenuhi standar tinggi.

Menurut Dr. Heny Hendrayati, S.IP., MM, bahwa proses akreditasi AQAS tidak sama dengan BAN PT. Dalam penilaian akreditasi, AQAS lebih kepada kualitatif, tetapi untuk BAN PT lebih terhadap kuantitatif. Proses akreditasi internasional AQAS tidak harus memiliki akreditasi yang sama dalam prodi yang berbeda, melainkan boleh berbeda. Misalkan, prodi 1 terakreditasi A dan prodi 2 terakreditasi B.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Unjani yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unjani.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments