Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha berdiri pada tahun 1965, sekaligus memulai berdirinya Universitas Kristen Maranatha. Fakultas Kedokteran memiliki visi untuk menjadi penyelenggara program pendidikan dokter swasta terbaik di Indonesia di bidang herbal medik dan gizi medik, dengan menyelenggarakan pendidikan kedokteran sesuai perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran terapan, yang menjunjung tinggi nilai-nilai kasih.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Ringkas Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha (Unmar), sebuah Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Kristen Maranatha (Unmar) ini, kampusnya beralamat di Jl. Surya Sumantri No.63, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

Fakultas Kedokteran menyelenggarakan program pendidikan dokter yang terdiri dari dua tahap pendidikan, yaitu Pendidikan Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter, untuk menghasilkan lulusan dokter layanan primer yang kompeten, profesional, dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Sejarah berdirinya Univesitas Kristen Maranatha sesungguhnya merupakan suatu peristiwa yang diliputi oleh berkat rahmat Tuhan. Berdirinya Universitas Kristen Maranatha tidak terlepas dari hasil perjuangan yang panjang dan gigih dari para mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) Immanuel yang berjumlah 130 orang, yang telah menyatakan melepaskan diri dari UKI Immanuel pada hari Sabtu tanggal 4 Juli 1964 malam bertempat di Lyceum Jln. Ir. H Juanda, Bandung.

Tindakan tersebut dilakukan karena mereka sangat resah, sebab penyelesaian persoalan intern di UKI Immanuel sudah buntu, dan para tokoh-tokoh Kristen Jawa Barat tidak melihat kemungkinan untuk terlibat memecahkan masalah. Para mahasiswa tersebut menyerahkan hari depan pendidikan mereka kepada intelegensi Kristen dan gereja-gereja di bawah naungan Dewan Gereja Indonesia (DGI).

Pada hari Sabtu 11 September 1965 pukul 17.00 bertempat di GKI-Jabar Jl. Kebon Jati 40 (sekarang no. 100) Bandung, diresmikan berdirinya Universitas Kristen Maranatha. Acara peresmian didahulukan oleh doa yang dipimpin oleh Pdt. Jakin Elia, yang dilanjutkan dengan sambutan dari dr. J.E. Siregar selaku ketua Yayasan PTK Maranatha, dr. Hasan Sadikin mewakili UNPAD, Gurbernur Jabar Bapak Mashudi, Pdt. Tan How Siang Sekjen Sinode GKI, dr. Hasin Boesoirie Direktur RSUP Ranca Badak (sekarang RSUP Hasan Sadikin), dan Ir. Go Pok Oen, Ny. J. Leimena, Mawawi MSc, dr. Median Sirait selaku tokoh-tokoh cendekiawan Kristen.

Pada awal didirikan, Universitas Kristen Maranatha hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Kedokteran, lalu kemudian didirikanlah Fakultas Teknik dengan Program Studi Teknik Sipil dan Fakultas Psikologi serta Fakultas Bahasa dan Budaya dengan Program Studi Sastra Inggris pada tahun-tahun berikutnya. Dan terus menerus berkembang hingga saat ini.

Sejak didirikan pada tahun 1965, Universitas Kristen Maranatha terus mengembangkan sayapnya dalam dunia pendidikan. Diawali dengan Fakultas Kedokteran pada tahun 1965, kini Universitas Kristen Maranatha menaungi 9 Fakultas dengan 2 Program Diploma, 19 Program Sarjana, 2 Program Profesi, dan 5 Program Pascasarjana.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Kristen Maranatha (Unmar) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- maranatha.edu
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments