Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani

Dalam rangka meningkatkan peranan di dunia pendidikan, pada tahun 1992 Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) membuka Fakultas Kedokteran dengan Prodi Kedokteran Umum dengan Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45/D/0/1993 tertanggal 20 April 1993. Tahun 2009 Fakultas Kedokteran menambah Program Studi Pendidikan Dokter Gigi sesuai dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 1780/D/T/2009 tanggal 5 Oktober 2009.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Ringkas Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), sebuah Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) ini, kampusnya beralamat di Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat.

Berdasar keinginan luhur keluarga besar TNI AD yang senantiasa eksis dalam perjuangan Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dan dilandasi oleh kesadaran yang tinggi bahwa keberhasilan perjuangan selama ini adalah berkat dukungan kerjasama dari rakyat Indonesia dan seluruh warga TNI AD.

Keluarga besar TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP) bertekad berperan aktif dalam melanjutkan pengabdiannya dalam semua aspek kehidupan sosial bangsa Indonesia yang bersendikan Pancasila. Peran aktif YKEP pada sektor pendidikan formal dilakukan melalui pendirian perguruan tinggi.

Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) merupakan hasil penggabungan sekolah-sekolah tinggi yang dikelola oleh YKEP yaitu : Sekolah Tinggi Teknologi Jenderal Achmad Yani (STTA), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jenderal Achmad Yani (STIEA), Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ST MIPA).

UNJANI berdiri pada tanggal 20 Mei 1990 yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum YKEP nomor : 027/ YKEP/1990 tanggal 20 Mei 1990 yang selanjutnya dikukuhkan oleh MENDIKBUD dengan Surat Keputusan nomor : 0512/0/1990 tanggal 9 Agustus 1990. Nama Universitas Jenderal Achmad Yani yang disingkat UNJANI diambil dari salah satu tokoh Prajurit TNI AD, Pahlawan Revolusi Jenderal Achmad Yani.

Pada saat berdiri, UNJANI terdiri dari 3 Fakultas dan 8 Jurusan yaitu: 1. Fakultas Teknik ( Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Sipil); 2. Fakultas MIPA ( Kimia, Fisika); 3. Fakultas Ekonomi (Manajemen dan Akutansi).

Pada tahun 1992 STTIB berintegrasi dengan UNJANI sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0124/0/1992, tanggal 2 Maret 1992 di bawah binaan Fakultas Teknik. Dalam rangka meningkatkan peranan di dunia pendidikan, pada tahun 1992 UNJANI membuka Fakultas Kedokteran dengan Prodi Kedokteran Umum dengan Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45/D/0/1993 tanggal 20 April 1993.

Selanjutnya pada tahun 2009 Fakultas Kedokteran menambah Program Studi Pendidikan Dokter Gigi sesuai dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 1780/D/T/2009 tanggal 5 Oktober 2009.

Universitas Jenderal Achmad Yani sekarang mempunyai 10 Fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Sains dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Manufaktur, Fakultas Kedokteran Gigi serta Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan. Dimana kini UNJANI memiliki 37 pilihan Program Studi yang terdiri dari 4 Prodi Jenjang Vokasi, 22 Prodi jenjang Sarjana, 5 Prodi jenjang Profesi, dan 6 Prodi jenjang Magister.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unjani.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments