Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang

Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang (FK UMM) didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas fasilitas pelayanan kesehatan yang masih belum merata di Indonesia. Menyongsong era yang penuh dinamika ini, diharapkan sumbangan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dalam mencetak dokter-dokter yang profesional berlandaskan ilmu pengetahuan dan keprofesian serta etik kedokteran yang Islami.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang didukung dengan berbagai fasilitas, sistem layanan akademik dan kemahasiswaan, serta nuansa ke Islaman, InsyaAllah mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam suasana belajar yang kodusif dan menyenangkan.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sendiri berdiri pada tahun 1964 di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. Secara Institusional Universitas Muhammadiyah Malang telah meraih akreditasi A (BAN-PT 2017), kampus dengan slogan "Dari Muhammadiyah untuk Bangsa" ini memiliki 10 fakultas dengan 63 program studi, yang terdiri dari Program Vokasi, Sarjana, Pasca Sarjana, Doktor, dan Program Profesi. Melalui semangat Kampus Merdeka, Merdeka Belajar kami mengantar mahasiswa menjadi manusia yang berkontribusi membuat dunia jadi lebih baik lagi.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, kampusnya beralamat di Jl. Bendungan Sutami No.188, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu fakultas dari Universitas Muhammadiyah Malang, yang merupakan Perguruan Tinggi Pembina untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah di wilayah Indonesia Timur.

Universitas Muhammadiyah Malang atau dekenal dengan singkatan UMM saat ini sudah terakreditasi A (Akreditasi dari BAN-PT No. 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017), selain itu, UMM masuk dalam kategori Bintang 2 (**) QS-Stars. Pada tahun 2018, UMM juga menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) ke 11 serta AKU Kartika ke 3 kalinya pada 2017 dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur.

Fakultas Kedokteran mendapatkan izin pendirian tertanggal 25 September 2001 dengan no:3079/D/T/2001 dan tertanggal 29 Juni 2012 dengan no: 017/BAN-PT/Ak-XV/SI/VI/2012 Program Studi Pendidikan Dokter UMM Peringkat Akreditasi B.

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 2 program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Dokter (Dokter Umum) Strata 1 dan Program Profesi Dokter.

Program studi (PPD dan PSPD) kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang berdiri sejak tahun 2001 berdasarkan SK Pendirian : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi 3079/D/T/2001 tanggal 25 September 2001. Perpanjangan izin Program Studi Pendidikan Dokter 13342/D/T/K-VII/2012. Program Studi ini telah terakreditasi oleh LAPM PTKes dengan predikat B, dan BAN-PT no 017/BAN-PT/Ak-XV//VI/2012.

Selama 18 tahun PS tumbuh dan berkembang mengikuti perkembangan pendidikan maupun pelayanan kesehatan di Indonesia maupun di tingkat regional asia tenggara. Saat ini telah meluluskan 40 angkatan sejak tahun 2008 sampai tahun 2019 (Sumpah dokter 26 Oktober 2019 dengan jumlah alumni sebanyak 1.269 dokter). Alumni Prodi tersebar di seluruh Indonesia di berbagai daerah baik di Jawa maupun diluar Jawa serta bekerja sesuai dengan kompetensinya sebagai dokter.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- umm.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments