Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal) didirikan dengan didasari oleh keinginan luhur,bahwa pendidikan sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai salah satu sarana pengembangan diri agar kelak mampu mempertahankan hidup dan pengembangan kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (FKUM) didirikan di Bandar Lampung pada tahun 1995 seiring dengan berdirinya Universitas Malahayati.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal) ini, kampusnya beralamat di Jl. Pramuka No.27, Kemiling Permai, Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung

Pada awal berdirinya berkedudukan di Jalan Kartini Bandar Lampung (Tahun 1994) baru pada 1996 pindah ke lokasi kampus sekarang, Jalan Pramuka Nomor 27, Kemiling, Bandar Lampung. Didirikan H. Rusli Bintang yang juga merupakan pendiri Yayasan Alih Teknologi (ALTEK), sebagai wujud kepedulian dan peran aktif dalam pembangunan nasional melalui bidang pendidikan tinggi.

Berdirinya Universitas Malahayati dan atau Fakultas kedokteran didasari oleh keinginan luhur pendiri, bahwa pendidikan sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai salah satu sarana pengembangan diri agar kelak mampu mempertahankan hidup dan pengembangan kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Sampai sebelum Juni tahun 2014 Fakultas kedokteran terdiri dari 5 program studi yang telah dikelola secara mandiri oleh program studi masing – masing, sedangkan program studi kedokteran dan program studi profesi dokter langsung dikelola oleh Fakultas kedokteran.

Mengingat banyaknya prodi yang harus dikordinir oleh fakultas dan adanya tuntunan akreditasi guna untuk terlaksananya tata pamong/ tata kelola program studi kedokteran yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, mandiri, dan adil, maka sejak Juni 2014 pendidikan kedokteran dikelola dibawah Program Studi Kedokteran (Prodi Kedokteran) Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Pada mulanya Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati, terdiri dari 7 program studi, yakni Prodi Kedokteran, Prodi Profesi Dokter, Prodi Profesi Ners, Prodi Ilmu Keperawatan, Prodi DIII Keperawatan, Prodi DIV Kebidanan dan Prodi DII Kebidanan.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati - Lampung

Visi

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati menghasilkan lulusan dokter yang kompeten itingkat lokal, nasional dan internasional serta bermoral sesuai dengan standar kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) khususnya dibidang kedokteran Komunitas pada tahun 2017.

Misi

  1. Menyelengarakan pendidikan berbasis kompetensi sesuai dengan standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) untuk penguasaan ilmu dan teknologi Kedokteran yang didasari oleh Kedokteran Komunitas.
  2. Melakasanakan penelitian berbasis komunitas untuk pengembangan ilmu dan teknologi Kedokteran.
  3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermoral, ber-integritas tinggi sebagai pendidikan dan Tenaga Kependidikan di bidang Kedokteran.
  4. Menggalakan pengabdian pada masayarakat dengan integritas propesional dan religius.
  5. Memperluas jaringan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Tujuan

  1. Menghasilkan dokter yang menguasai Ilmu dan Teknologi Kedokteran berbasiskan Kedokteran Komunitas.
  2. Menghasilkan dokter yang Visioner dan mempunyai Integritas tinggi.
  3. Menghasilkan dokter yang memiliki daya saing tinggi ditingkat lokal, nasional dan internasional.
  4. Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang berkualitas.
  5. Terlaksananya kerjasama dengan berbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di dalam dan luar negeri.
  6. Menghasilkan dokter yang beretika, berjiwa religius dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

Kebijakan sistem rekrutmen Mahasiswa baru Universitas Malahayati mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 tahun 2010 tentang Polo penerimaan Mahasiswa Baru, SK irjen DIKTI No.38/ DIKTI/Kep/2000 tentang pengaturan penerimaan Mahsiswa baru di perguruan tinggi.

Dalam proses seleksi Mahasiswa baru Universitas Malahayati harus memenuhi prinsip keadilan, transparan dan tidak eskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, suku, agama, dan status sosial.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Malahayati (Unmal) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- malahayati.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments