Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama (FK Unaya) mendapat izin operasional pada tahun 1994, sebagai salah satu fakultas di lingkungan Universitas Abulyatama Aceh (Unaya Aceh), yang berada dibawah naungan Yayasan Abulyatama Aceh, yang didirikan oleh DR. (HC).H.Rusli Bintang bersama dengan tokoh masyarakat.

FK Unaya Aceh merupakan salah satu fakultas dari 8 (delapan) fakultas yang ada di Universitas Abulyatama Aceh. FK Unaya Aceh didirikan pada tahun 1994 dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.504/DIKTI/Kep/1966, tanggal 23 Oktober 1996, dengan status terdaftar. FK Unaya mempunyai akreditasi “C” dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 022/BAN-PT/Ak-/XII/2005, tanggal 08 Desember 2005. Akreditasi ulang pada tahun 2009 dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 031/BAN-PT/AK-XII/S1/X2009 dan mendapat akreditasi “C” yang berlaku sampai dengan 23 Oktober 2014.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Abulyatama (Unaya), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Abulyatama (Unaya) ini, kampusnya beralamat di Jl. Blangbintang Lama No.KM, RW.5, Lampoh Keude, Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Dewasa ini, fakultas Kedokteran terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu:
  1. Kedokteran Umum
  2. Ilmu Keperawatan
  3. D IV Bidan Pendidik

VISI

Menjadikan Fakultas Kedokteran yang menghasilkan sarjana kedokteran dan Dokter yang unggul dalam bidang Kesehatan komunitas, dan memenuhi standar kompetensi Dokter Indonesia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan berlandaskan Islam pada tahun 2015.

MISI

  1. Menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi (pendidikan & pengajaran, penelitian & pengabdian pada masyarakat), sesuai dengan Standar Pendidikan Dokter Indonesia.
  2. Meningkatkan kualitas akademis dengan menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, keselarasan/ keesepadanan (link & match) untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.
  3. Meningkatkan daya dukung sarana & prasarana secara berkelanjutan.
  4. Meningkatkan kualitas staf pengajar sesuai kompetensi
  5. Memperluas jaringan kerjasama & kemitraan baik dengan Institusi Pemerintah maupun swasta dalam bidang kesehatan.
  6. Mempertajam kecerdasan Spiritual, Emosional, & kecerdasan Intelektual.
  7. Mengembangkan iklim akademik yang beretika, kondusif, dinamis, & demoktaris.
  8. Melanjutkan penyantunan anak yatim dengan tetap memperhatikan kelangsungan pendidikannya.

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sarjana Kedokteran dan Dokter yang unggul dalam bidang Kesehatan komunitas, dan memenuhi standar kompetensi Dokter Indonesia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, etika dengan berlandaskan Islam pada tahun 2015.
  2. Terciptanya iklim akademik yang kondusif, beretika, dinamis, dan demokratis.
  3. Terselenggaranya peralihan paradigma pendidikan Dokter yang semula menjalankan pada sistem pendidikan konvensional kemudian beralih ke sistem pendidikan berbasis kompetensi yang didasari pada nilai-nilai islami secara konsisten dan berkelanjutan.

Sistem Pembelajaran Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

Sejalan dengan berkembangnya teknologi, sistem pembelajaran dalam pendidikan dokter juga semakin cangih. Banyak pilihan kurikulum yang diberlakukan universitas untuk menunjang perkuliahan. Universitas Abulyatama misalnya, mulai memberlakukan Sistem Problem Based Learning (PBL) dalam perkuliahan. Kurikulum yang berlaku dalam proses pendidikan dokter berbeda dengan fakultas lainnya. Perbedaannya terletak pada pembelajaran blok, dilakukan setiap 6 minggu sekali.

Sistem ini mengaplikasikan pembelajaran student based learning (SBL). Dalam sistem ini mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam belajar. Sedangkan dosen hanya bersifat sebagai fasilitator, tidak ikut dalam menggali informasi serta menyiapkan bahan belajar mengenai materi perkuliahan. Sebagai rutinitas kegiatan pembelajaran di Universitas Abulyatama, beberapa kegiatan perkuliahan seperti kuliah pakar, tutorial, skill lab, serta praktikum seperti anatomi, histologi, dan ada banyak praktikum lainnya wajib di ikuti Mahasiswa.

Setiap kegiatan perkuliahan dilaksanakan di lantai 1, mulai dari ruang kuliah pakar, ruang skill lab, dan sebagiannya terdapat beberapa ruangan praktikum dasar. Sementara itu untuk ruangan tutorial berada di lantai 2 gedung utama Universitas Abulyatama.

Sebuah kesenangan juga bagi mahasiswa kedokteran Universitas Abulyatama karena fasilitas yang memadai, menunjang proses pembelajaran civitas akademika. Tutorial sebuah forum diskusi dalam jam perkuliahan, mahasiswa diberikan scenario masalah yang harus dibahas tuntas. Selain itu juga ada skill lab, di sinilah mahasiswa akan belajar keterampilan medis dan didasari dengan beberapa pengetahuan mengenai keterampilan yang akan dilakukan.

Dengan diterapkan sistem pembelajaran PBL, mahasiswa tidak kehabisan bahan untuk diskusi. Sebab bahan yang dibawa sendiri oleh mahasiswa internet maupun perpustakaan yang berada di lantai 3 gedung Fakultas Kedokteran. Perkuliahan skill lab Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama juga telah menyiapkan fasilitas yang lengkap dan tentunya hal ini sangat membantu mahasiswa dalam mempelajari keterampilan itu.

Meskipun sistem kurikulum konvensional telah dikembangkan menjadi PBL bagi fakultas kedokteran, namun masih digunakan disalah satu perkuliahan Fakultas Kedokteran yang disebut kuliah pakar.

Kuliah pakar ini merupakan perkuliahan yang disampaikan oleh pengajar berbentuk presentasi slide yang merupakan bahan belajar dari hasil yang sudah dibahas didalam tutorial.

Dalam kuliah pakar ini hampir menyerupai tutorial yang penuh dengan tanya jawab. Hanya saja kuliahnya diberikan oleh pengajar atau system pembelajaran seperti ini dinamakan teacher center learning(TCL). Usai kegiatan perkuliahan rutin, mahasiswa kedokteran juga harus wajib mengikuti ujian blok, untuk melihat serapan materi yang dibahas selama enam minggu.

Selain mata kuliah kesehatan, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama diberi mata kuliah umum. Sebab maetri yang diberikan dalam kuliah umum dapat bermanfaat bagi seorang calon seorang dokter.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Abulyatama (Unaya) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- abulyatama.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments