Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah (FK UHT) menyelenggarakan Program pendidikan S-1 yaitu Program Studi Sarjana Kedokteran (S.Ked) dan Program Studi Profesi Dokter yang merupakan kelanjutan dari Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. S.Ked dapat ditempuh secara normal selama 3,5 tahun dan Program Studi Profesi Dokter ditempuh selama 2 tahun.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Lengkap Kedokteran Universitas Hang Tuah (UHT), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Hang Tuah (UHT) ini, kampusnya beralamat di Komplek Barat RSAL Dr. Ramelan, Jl. Gadung No. 1, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa TimurKomplek Barat RSAL Dr. Ramelan, Jl. Gadung No. 1, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah merupakan salah satu fakultas di lingkungan Universitas Hang Tuah, suatu Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Nala, suatu Badan Hukum yang didirikan berdasarkan Akta Notaris R. Soedjono no. 5 tanggal 4 Maret 1987 di Surabaya dan dibina oleh TNI AL.

Peresmian berdirinya Universitas Hang Tuah adalah berdasarkan Surat Keputusan Kasal no.: Skep/1482/1987 tanggal 11 Mei 1987. Upacara peresmiannya oleh Kasal Laksamana TNI Rudolph Kasenda dengan penandatanganan prasasti nama Universitas Hang Tuah di Kampus Universitas Hang Tuah di jalan Teluk Bayur no. 6 Surabaya, pada tanggal 12 Mei 1987.

Pada bulan Juli 1988, Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan tambahan ruangan sebagai Kampus Barat FK-UHT di Rumkital Dr. Ramelan Surabaya, sehingga pada tahun akademik 1988-1989 semua kegiatan perkuliahan semester 3 dan 4 serta praktikum Anatomi dan Histologi dapat dilaksanakan di tempat tersebut, sementara semua perkuliahan mahasiswa FK-UHT angkatan tahun 1988 masih tetap dilaksanakan di kampus Teluk Bayur dan kegiatan praktikumnya di Akademi Angkatan Laut Morokrembangan Surabaya.

Pada tahun 1989, kampus UHT tahap I di jalan Arief Rachman Hakim no.150 Sukolilo Surabaya selesai dibangun, yang memungkinkan sebagian besar kegiatan akademik Universitas Hang Tuah dilaksanakan di kampus tersebut. Sedangkan untuk FK-UHT telah selesai juga dibangun 1 ruang praktikum, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang penunjang yang keseluruhannya seluas 440 m2 di bagian Timur Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Berdirinya kampus FK-UHT di tempat ini adalah atas persetujuan Kepala Rumkital Dr. Ramelan, Kolonel dr.Syamsul Anwar yang kemudian disetujui oleh Dirkesal, Laksamana Pertama dr.H.A. Prayitno, SpKJ., berdasarkan Surat no. B/083/I /89/Ditkes, tanggal 27 Januari 1989 dan juga oleh Dirfaslanal, Laksamana Pertama TNI Soetedjo, berdasarkan surat no: B/185/II/89/Faslan tanggal 9 Februari 1989.

Sejak tahun 1989, kegiatan perkuliahan semester 1 dan 2 serta kegiatan praktikum Biologi, Kimia, Fisika dan Biokimia dilaksanakan di kampus UHT Sukolilo Surabaya, sedangkan kegiatan perkuliahan semester 3 dan kegiatan praktikum Anatomi, Histologi, Ilmu Faal, Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Farmakologi, Parasitologi, Mikrobiologi dan Kepaniteraan Muda dilaksanakan di kampus FK-UHT di Rumkital Dr. Ramelan, jalan Gadung no. 1 Surabaya.

Pada awal tahun 1990, Fakultas Kedokteran UHT mendapatkan Status Terdaftar dari Mendikbud R.I. dengan Skep. no.: 035/0/1990 tertanggal 17 Januari 1990. Pada bulan Februari/ Maret 1990 mahasiswa FK UHT untuk pertama kalinya mengikuti ujian Negara NB/ CBS.

Pada awal tahun 1996, Laksamana Pertama TNI dr. H. Subagyo, SpBO., menjadi dekan FK-UHT menggantikan Laksamana Pertama TNI dr. H. Harijanto Mahdi, SpTHT, yang telah habis masa jabatannya. Pada tanggal 18 Oktober 1996 jabatan Dekan FK-UHT diserah-terimakan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI dr. H. Subagyo, SpB, SpBO., kepada pejabat baru Kolonel dr. Tito Sulaksito, SpB, SpBO.

Pada tanggal 19 September 2003 dilaksanakan serah terima jabatan Dekan FK UHT dari Laksamana Pertama TNI dr. Imam Soewono, SpPD kepada Laksamana Pertama TNI dr. Sartono SpPD.

Januari 2005 merupakan titik awal proses perubahan kurikulum pendidikan di FK UHT dari KIPDI II ke KIPDI III berdasarkan SK. Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Pendidikan Berbasis Kompetensi dan pernyataan Dirjen Dikti bahwa Program Studi Kedokteran Dasar dengan Paradigma Baru ditetapkan resmi dimulai penerapannya pada Tahun Akademik 2005-2006. Berbagai workshop di bidang pendidikan serta studi banding ke fakultas kedokteran negeri maupun swasta lain, dikerjakan untuk persiapan pelaksanaan kurikulum baru ini. Laboratorium Ketrampilan Klinik (Skills Laboratorium) FK UHT juga sudah selesai dibangun dan siap digunakan.

Dekan FK UHT memutuskan Wakil Dekan 1 bidang pendidikan merangkap sebagai Ketua MEU (Medical Education Unit) yang baru. Keanggotaan MEU yang baru dan lebih lengkap ditetapkan dengan SKep. Rektor UHT nomor SKep/40/IX/2005 tanggal 23 September 2005. MEU FK UHT, yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan, bertugas untuk mengerjakan program-program persiapan uji coba pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi di FK UHT. Hasil visitasi oleh Ketua HWS-Project-P4KN-Dirjen Dikti Jakarta dan anggotanya menyatakan kepercayaan dan optimismenya bagi FK UHT untuk memulai Kurikulum Berbasis Kompetensi di Tahun Ajaran 2006 – 2007, tidak menunggu sampai Tahun Ajaran 2007-2008 seperti yang direncanakan.

Setelah MEU FK UHT melakukan paparan di depan P4KN-DirJenDikti RI di Jakarta maupun di depan Yayasan Nala, Rektorat dan Senat FK UHT maka pada Tahun Ajaran 2006-2007 dilaksanakanlah uji coba Kurikulum Berbasis Kompetensi di FK UHT pada seluruh mahasiswa Angkatan 2006 baru dan beberapa mahasiswa angkatan sebelumnya yang diwajibkan mengulang pendidikan dari awal. Kurikulum pendidikan yang lama secara bertahap dihapuskan sesuai tahapan perubahan kurikulum baru.

Tanggal 4 Maret 2010 Universitas Hang Tuah termasuk FK UHT menerima sertifikat ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007 yang berlaku selama 3 tahun ke depan.

Pada tanggal 4 Februari 2016 dilakukan penandatanganan kerjasama antara Universitas Hang Tuah dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur untuk menjembatani penggunaan Rumah Sakit Umum Provinsi sebagai Rumah Sakit Pendidikan dan wahana pendidikan lain di lingkungan Dinkes Provinsi Jawa Timur yang dipakai oleh Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah.

Sebagai tindak lanjut kerjasama dengan Dinkes Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 15 Maret 2016 dilakukan penandatanganan kerjasama antara FK UHT dengan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedono Madiun sebagai Rumah Sakit Pendidikan Jejaring untuk wahana Kepaniteraan Klinik Dokter Muda FK UHT.

Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah telah menerapkan Quality Management System ISO 9001:2015 dan Education Quality Management System IWA-2:2007 dengan diperoleh Sertifikat pada tanggal 4 Maret 2016 dari BSI.

Pada tanggal 6 November 2017 dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara FK UHT dengan FK Undana Kupang, kerja sama operasional nomor : B/0816/UHT.B0.FK/X/2O17 tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kedokteran Kelautan.

FK UHT medapatkan sertifikasi Educational Organisations Management System ISO 21001 :2018 pada 15 Februari 2019 dan ISO 9001 :2015 standart tanggal 21 Februari 2019.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Hang Tuah (UHT) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- hangtuah.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments