Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu

Program Studi (Prodi) Kedokteran Universitas Bengkulu (UNIB) dibuka secara resmi pada tahun 2008 melalui Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tanggal 11 Juli 2008 tentang pertimbangan untuk pembukaan program studi S1 Pendidikan Dokter, yang selanjutnya disusul dengan SK Dirjen Dikti tanggal 11 Juli 2008 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter (S1) pada Universitas Bengkulu.

Seiring dengan perjalanan waktu, izin penyelenggaraan program studi telah diperpanjang berdasarkan SK Rektor No. 7650/D/T/K-N/2011 tanggal 05 Juli 2011. Kemudian pada tahun 2013 izin penyelenggaran program studi diperpanjang berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 298/E/O/2013 tentang penerbitan kembali izin Program Studi Kedokteran dan Program Profesi Dokter Universitas Bengkulu. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan diresmikan pada tahun 2014.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu (FKIK Unib) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi Bengkulu yang baru saja berdiri sekitar tahun 2008.

Pendirian fakultas kedokteran ini merupakan kebutuhan daerah akibat kekurangan tenaga dokter yang masih terjadi dan tingginya permasalahan penyakit yang muncul pada masyarakat terutama infeksi tropis. Pendirian ini juga tidak lepas dari keinginan masyarakat Bengkulu secara umum dan Gubernur saat itu secara khusus sebagai semangat otonomi daerah guna mengembangkan pendidikan kedokteran di daerah serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu.

Secara resmi, pendidikan kedokteran dimulai sejak surat izin pendirian program studi dikeluarkan oleh Dirjen Dikti pada Juli 2008 (SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Departemen Pendidikan Nasional No. 2132/D/T/2008). Melalui persiapan yang teliti dan matang, penerimaan mahasiswa dimulai pertama kalinya pada tahun 2009. Sejak saat itu, penyelenggaraan pendidikan langsung di bawah pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui kontrak kerjasama selama 5 tahun yaitu mulai tanggal 8 Oktober 2009 hingga 8 Oktober 2014.

Kerjasama penyelengaraan pendidikan ini mencakup pengembangan kurikulum dan modul, pengembangan sumber daya serta pengembangan manajemen organisasi. Secara bertahap, penyelenggaraan akademik ini dapat dilakukan secara mandiri oleh FKIK Unib melalui pengembangan kurikulum dan modul sendiri hingga pengembangan modul lokal yang bercirikan sosiodemografi wilayah Bengkulu.

Tidak hanya pada pengembangan akademik, sejak awal pengembangan manajemen organisasi telah dikelola secara mandiri hingga terbentuknya fakultas pada Juli 2013. Penyediaan sarana prasarana pendidikan di kampus FKIK Unib juga secara perlahan telah disediakan secara mandiri dan telah tercukupi dengan baik.

Dewasa ini FKIK UNIB mempunyai dua prodi yaitu Prodi S1 Kedokteran dan Prodi Profesi Dokter. Beberapa RS yang menjadi wahana pendidikan FKIK UNIB yaitu : RSUD M Yunus (RS Pendidikan utama) kemudian terdapat beberapa RS jejaring diantaranya : RS Bhayangkara, RSJ Suprapto Bengku, RSUD Argamakmur dan RS Kariadi Semarang.

Sebagai FKIK pertama dan satu satunya di Provinsi Bengkulu keberadaan FK Unib diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat untuk menempuh pendidikan dokter dan juga dapat meningkatkan peran UNIB untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu pada khususnya.

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran UNIB

Visi

Menjadi salah satu fakultas kedokteran terakreditasi A dan terdepan dalam penelitian kedokteran tropis dan kesehatan masyarakat pesisir pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan/pengajaran yang profesional dan akuntabel.
  2. Mengembangkan penelitian atau publikasi ilmiah bidang kedokteran/kesehatan dalam lingkup regional, nasional dan internasional terutama di bidang kedokteran tropis dan kesehatan masyarakat pesisir.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kebutuhan masyarakat tropis.
  4. Meningkatkan kerjasama baik di bidang pendidikan/pengajaran dan penelitian dengan berbagai lembaga/institusi tingkat regional, nasional maupun internasional.
  5. Menerapkan sistem tata kelola yang baik dan benar.

Tujuan Fakultas
  1. Menghasilkan dokter yang professional dan berdaya saing global
  2. Menghasilkan produk penelitian dan publikasi ilmiah yang bereputasi regional, nasional maupun internasional terututama dalam bidang kedokteran tropis dan kesehatan masyarakat pesisir.
  3. Menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat terutama wilayah tropis.
  4. Menghasilkan produk kerjasama lintas sektoral yang memperkuat kegiatan pendidikan/pengajaran maupun penelitian.
  5. Tata kelola manajemen pendidikan yang professional dan akuntabel.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Bengkulu (Unib) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unib.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments