Soal Kedokteran

Akreditasi Fakultas Kedokteran Ukdw

Program Studi Pendidikan Dokter adalah Program Studi yang ada di Fakultas Kedokteran UKDW untuk mendidik dan mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan studinya selama 4 tahun, menjadi Sarjana Kedokteran. Program Studi Pendidikan Dokter sudah dimulai sejak 2009. Kurikulum dan proses pembelajarannya berbasis problem dan melakukan pendekatan “student center learning”.

Aktivitas pembelajaran melalui Kuliah Pakar, Tutorial, Skills Lab dan Praktikum. Kurikulum yang digunakan awalnya adalah kurikulum 2009 dengan menggunakan sistem Blok. Diakhir tahun keempat, mahasiswa harus sudah selesai menuliskan Karya Tulis Mahasiswa, hasil penelitian yang disebut Skripsi, dengan sudah menyelesaikan KKN dan juga semua Blok yang ada dalam 8 semester. Ditahun 2014 telah disusun Kurikulum baru, sebagai hasil revisi kurikulum 2009, dan sudah diterapkan secara bersamaan.

Setelah menyelesaikan semua Blok, dan lulus ujian Blok, KKN, Karya Tulis, maka mahasiswa di wisuda sebagai Sarjana Kedokteran, dengan IPK minimal 3. Setelah lulus ujian OSCE komprehensif, maka mahasiswa dapat melanjutkan ke Program Profesi Dokter.

Berikut ini akan kami sampaikan Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (Ukdw), yang bersumber pada hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh LAM-PTKes. Disamping itu dari hasil Akreditasi Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dilaksanakan oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang berkedudukan di Jl. M.H. Thamrin No.8, RT.2/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran - Universitas Kristen Duta Wacana (Ukdw)

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Keterangan
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0417/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017B2022-07-28Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0418/LAM-PTKes/Akr/Pro/VII/2017B2022-07-28ukdw.ac.id

Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana bertujuan untuk menjadi fakultas yang unggul, kompetitif, serta terpercaya, yang menghasilkan sarjana kedokteran berbudi luhur serta mandiri dalam bidang kesehatan untuk masyarakat pluralistik berdasarkan kasih.

Fakultas Kedokteran UKDW memegang konsep pembelajaran yang berbasis problem dan melakukan pendekatan student center learning, di mana Aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan antara lain kuliah pakar, tutorial, skills lab dan praktikum dengan menggunakan sistem blok. Kegiatan pembelajaran diatas didukung pula dengan diterbitkannya jurnal oleh Fakultas Kedokteran UKDW dengan tajuk jurnal “Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana” (BIKDW) pada tanggal 17 Oktober 2015. Jurnal ini berperan sebagai wadah informasi ilmiah di Fakultas Kedokteran UKDW dalam upaya peningkatan peran mahasiswa dan dosen di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Setiap tahun Jurnal BIKDW diterbitkan sebanyak 2 kali dan terdapat 8 artikel yang mencakup 6 artikel penelitian dan 2 artikel telaah pustaka.

DIKTI dan LIPI pada tahun 2016 telah menyepakati adanya satu instrumen akreditasi jurnal ilmiah dengan pengelolaan berbasis elektronik (e-journal). BIKDW pun telah mengajukan akreditasi dengan menggunakan metode Open Journal Systems yang sudah dinilai oleh tim penilai dan pada akhirnya berhasil mendapatkan peringkat S-4 sesuai dengan surat keputusan nomor: 36/E/KPT/2019 yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, & Pendidikan Tinggi (Direktorat Jenderal Penguatan Riset & Pengembangan) tertanggal 13 Desember 2019.

Adanya kerjasama dengan mitra bestari (reviewer) dalam pengembangan jurnal BIKDW akan mendukung pengetahuan para penulis untuk bisa berperan aktif dalam meningkatkan mutu tulisan yang akan dimuat di jurnal BIKDW. Perkembangan informasi, teknologi dan komunikasi terus menerus berubah dengan cepat seiring berubahnya waktu, maka hal tersebut akan berdampak pada manajemen pengelolaan jurnal elektronik yang terus berubah. Pengelolaan jurnal elektronik bukan hanya menyediakan infrastruktur maupun aplikasi, hal yang paling penting adalah komitmen dari pengelola jurnal dan institusi Lembaga penerbit jurnal untuk menjamin keberlanjutan dari jurnal yang diterbitkan. Hal tersebut yang akan terus dikembangkan dan dikelola oleh Tim BIKDW bersama dengan dr. Teguh Kristian Perdamaian, MPH sebagai Pimpinan Redaksi BIKDW.

Program Profesi Dokter UKDW seperti halnya Pendidikan Dokter juga terakreditasi B. Program ini pada hakekatnya adalah lanjutan dari Program Pendidikan Dokter. Seorang yang sudah bergelar Sarjana Kedokteran, haruslah melanjutkan ke Program Profesi Dokter untuk mendapatkan gelar Dokter. Program Profesi Dokter diselesaikan selam kurang lebih 2 tahun atau 4 semester.

Kurikulumnya merupakan kurikulum bentuk ketrampilan Profesi , melalui proses pembelajaran mengikuti “stase” pada 13 bagian Klinik dan Kedokteran Komunitas. Kegiatan di masing masing stase, selain kegiatan ilmiah sesuai tempat stase seperti pembacaan jurnal, diskusi, tuturial, juga dilatihkan kegiatan keterampilan penanganan pasien oleh Dosen Pembimbing Klinik dan Instruktur Klinik. Ujian dilakukan setiap selesai stase dimasing masing bagian. Program Profesi Dokter ini, dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan Utama, RS Bethesda dan beberapa Rumah Sakit Jejaring, dan Puskesmas Setelah semua stase diselesaikan, maka mahasiswa harus mengikuti lagi UKMPPD secara nasional, dan bila dinyatakan lulus, maka akan dilakukan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter oleh Dekan.

Semoga informasi tentang Akreditasi Nasional Fakultas Kedokteran Ukdw yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- ukdw.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments