Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu), adalah salah satu fakultas diantara sekian fakultas yang terdapat di Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu). Fakultas kedokteran di lingkungan UISU didirikan dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat terhadap dokter-dokter yang memegang teguh nilai-nilai keislaman.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di Sumatera Utara. Kurikulum pendidikan FK UISU menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang disusun berdasarkan SKDI dan Visi, Misi FK UISU.

Selain favorit, Pendidikan Dokter juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B"(baik)). Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Hasil akreditasi yang dilakukan oleh LAM-PTKes pada program studi Sarjana Kedokteran memperoleh peringkat Baik / Good (Surat Keputusan No: 0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2017). Begitupula dengan akreditasi pada program studi Profesi Dokter yang juga memperoleh peringkat Baik / Good (Surat Keputusan No: 0687/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2017).

Dalam artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (Uisu).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Fakultas Kedokteran yang senior | Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU) merupakan fakultas kedokteran swasta tertua di luar Jawa.
  2. Penjaminan mutu | FK UISU melakukan penjaminan mutu baik dari pihak internal maupun pihak ekternal. Penjaminan mutu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan manajemen di FK UISU.
  3. Serapan Lulusan | Fakultas Kedokteran UISU telah meluluskan ribuan dokter sejak ia berdiri pada tahun 1965. Lulusan FK UISU tersebar di seluruh Indonesia dengan menduduki posisi jabatan yang beraneka ragam.
  4. Staf Edukatif | Fakultas Kedokteran UISU memiliki tenaga pengajar berpengalaman berjumlah 74 orang dimana tenaga pengajar tersebut memiliki kualifikasi sebagai lulusan S2 dan S3 dari berbagai bidang di Kedokteran.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Ruang kuliah teaterikal
  • Ruang SGD
  • Ruang Laboratorium Keterampilan Klinis
  • Ruang Laboratorium Medik
  • Ruang Laboratorium Komputer
  • Perpustakaan, termasuk digital library

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Dokumen Akreditasi
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0686/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2017B2022-11-24Unduh Dokumen
Profesi Dokter 0687/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2017B2022-11-24Unduh Dokumen

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jenjang Prodi Pendaftaran Jadwal Ujian Tanggal Pengumuman Daftar Ulang dan Pembayara SPP
S-1 Pendidikan Dokter 02 Maret 2022 - 01 Mei 2022 02 Mei 2022 06 Mei 2022 07 Mei 2022 - 28 Mei 2022
Profesi Dokter -- -- -- --

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara
  2. Pembahasan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran

  1. Kurikulum pendidikan | Kurikulum pendidikan FK UISU menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang disusun berdasarkan SKDI dan Visi, Misi FK UISU. Kurikulum FK UISU terdiri atas 2 tahapan, yaitu: tahap sarjana kedokteran dan tahap profesi dokter. Tahap sarjana kedokteran dilaksanakan selama 7 semester dengan total 153 SKS, sedangkan tahap profesi dokter dilaksanakan dalam 4 semester dengan total 40 SKS.
  2. Small Group Discussion/Tutorial | Diskusi tutorial dalam kelompok beranggotakan 7-15 mahasiswa dan dipandu oleh tutor yang bertugas sebagai fasilitator. Dalam berdiskusi mahasiswa akan dihadapkan pada masalah dalam bentuk skenario modul sebagai trigger dalam diskusi. Satu skenario modul diselesaikan dalam dua kali pertemuan selang waktu 2- 3 hari. Diskusi dilakukan dengan metode seven jumps (tujuh langkah).

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara yang kami publikasikan. Semoga dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uisu.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments