Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma), adalah salah satu fakultas diantara beberapa fakultas yang terdapat di Universitas Islam Malang (Unisma). Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran diakreditasi oleh BAN PT dan disahkan sebagai Fakultas Kedokteran dengan SK Rektor Nomor 161/L.16/U.IX/2011 tentang Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di kota Malang Jatim. FK UNISMA mengembangkan keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya sebagai penunjang pengobatan dan pengembangan tim bantuan medis dalam bencana dan kegawatdaruratan yang berlandaskan keIslaman dan Ahlussunnah wal Jama’ah (ASWAJA).

Selain terbilang cukup favorit, Pendidikan Dokter Universitas Islam Malang juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "B" (Baik Sekali). Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dalam artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (Unisma).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Pola Pembelajaran | Pembelajaran dilakukan di beberapa Rumah Sakit Pendidikan dan Puskesmas sebagai bagian dari Hospital based training bagi para mahasiswa kepaniteraan klinik madya dan Community based training di Puskesmas agar para mahasiswa kepaniteraan klinik madya mampu menghadapi masalah kesehatan individu maupun lingkungan-komunitas secara komprehensif dan sistematis.
  2. Keunggulan Perguruan Tinggi | Perguruan Tinggi Terbaik Nahdlatul Ulama Se-Indonesia tahun 2020.
  3. Sertifikat ISO | Sertifikat ISO 9001:2015.
  4. Kerjasama antara Fakultas Kedokteran | Kedokteran UNISMA bekerjasama dengan berbagai Universitas baik Nasional maupun Internasional meliputi kolaborasi riset, penelitian, joint conference, joint publication hingga student exchange. Melalui kerjasama dengan beberapa universitas di dunia, Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di lingkungan Fakultas Kedokteran UNISMA.
  5. Kurikulum Berbasis Keislaman | Serangkaian proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran menggunakan kurikulum berbasis pendidikan keIslaman yang terintegrasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan bersama dengan Pondok Pesantren Ar-Razi (Pondok Pesantren FK UNISMA). Selain itu, kurikulum pendidikannya juga dicapai melalui penelitian yang inovatif dan kolaboratif serta pengabdian masyarakat dan pengembangan karakter yang diharapkan mampu membentuk penyedia layanan kedokteran yang profesional, humanis, religius, dan moralis.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Rumah Sakit Pendidikan dan Puskesmas.
  • Laboratorium Pusat Riset Kedokteran (LPRK). Fasilitas laboratorium yang terdapat di dalam laboratorium selalu diupayakan berkembang untuk memenuhi kebutuhan penelitian dari dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang, maupun memenuhi kebutuhan dari peneliti-peneliti luar.
  • Unit Bimbingan dan Konseling.
  • Pondok Pesantren Ar-Razi. Pondok Pesantren Ar-Razi merupakan wadah pembinaan potensi dan karakter dokter muslim secara holistik.
  • Dewan Riset yang bertujuan ddiantaranya untuk mewujudkan atmosfer penelitian yang kondusif dan produktif dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di lingkungan Fakultas Kedokteran yang ditunjang dengan peningkatan publikasi ilmiah baik berskala nasional dan internasional.
  • Pondok Pesantren Ar-Razi. Pondok Pesantren Ar-Razi merupakan wadah pembinaan potensi dan karakter dokter muslim secara holistik.

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website FK
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0242/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021Baik Sekali2022-07-29fk.unisma.ac.id
Profesi Dokter 0243/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021Baik Sekali2022-07-29fk.unisma.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jenjang Prodi Pendaftaran Gel. I Pendaftaran Gel. II Pendaftaran Gel. III Program PMB
S-1 Pendidikan Dokter 5 Januari - 15 Maret 2022 16 Maret – 31 Mei 2022 2 Juni – 2 Agustus 2022 Program Reguler
Profesi Dokter -- -- -- --

Jalur masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang terdiri atas Program Reguler dan Program Pesantren.

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Universitas Islam Malang. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang
  2. Pembahasan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran

  1. Kurikulum pendidikan | Kurikulum pendidikan di Program Studi Pendidikan Dokter disusun dengan berorientasi pada perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dengan landasan Aqidah Islam, serta berorientasi pada kepentingan masyarakat.
  2. Beban studi | Besarnya beban studi pada tahap Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang adalah 149 SKS yang terdiri dari 118 SKS muatan kurikulum inti dan 31 SKS muatan lokal. Beban studi ini ditempuh dengan masa studi minimal 7 (tujuh) semester dan maksimal 13 semester.

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yang kami publikasikan. Semoga dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unisma.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments