Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas HKBP Nommensen

Posted by Online Consultant on Monday, December 15, 2014

Universitas HKBP Nommensen merupakan sebuah universitas swasta di Medan, Sumatera Utara. Universitas ini didirikan pada 7 Oktober 1954. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatera Utara pada akhir abad ke-19. Selain di Medan, universitas ini juga mempunyai kampus di Pematangsiantar.

Fakultas Kedokteran UHKBP adalah Fakultas termuda dengan izin operasional FK UHKBPN diterbitkan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan RI No.2133/D/T/2008 pada tanggal 11 Juli 2008.

Dengan telah terpenuhinya semua persyaratan yang telah ditetapkan baik oleh Konsili Kedokteran Indonesia maupun oleh Dirjen Dik RI, maka pada tanggal 11 Juli 2008 Dirjen Dikti menerbitkan Surat Keputusan No. 2133/D/I/2008 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Jenjang Program Sarjana (S-1) pada Universitas HKBP Nommensen Medan.

Setelah terbitnya izin tersebut, Fakultas Kedokteran UHKBPN secara resmi menerima mahasiswa pada Tahun akademik 2009/2010. Untuk tahun akademik 2009/2010 diterima 50 orang mahasiswa, dan tahun akademik 2010/2011 juga diterima 50 orang mahasiswa, sehingga pada saat ini jumlah total mahasiswa di FK UHKBPN adalah sejumlah 50 orang mahasiswa/i.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas HKBP Nommensen



Visi Prodi Kedokteran


Menjadi Perguruan Tinggi terbaik dan terkemuka di Indonesia dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan sumberdaya manusia bermutu, beriman, berakhlak, yang tanggap terhadap tantangan lokal dan global.


Misi Prodi Kedokteran


1. Mengutamakan mutu dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
2. Mengutamakan cara-cara inovatif dan kreatif dalam pelayanan dengan memberi kesempatan luas bagi berkembangnya inspirasi, inisiatip, dan partisipasi civitas akademiknya
3. Mendorong desentralisasi pengelolaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bersikap profesional (high expertis, high ethic) yang seacara sinergis saling bekerjasama dalam semangat tim kerja untuk mencapai tujuan bersama

Mengantisipasi paradigma pendidikan dimasa yang mendatang dan persaingan global, UHN harus menyiapkan dirinya dan menjadikan kelulusannya siap dengan dibekali pengetahuan dan jiwa mandiri serta kewirausahaan. Karenanya perlu dipersiapkan institusi yang efisien dan akuntabel memenuhui standar nasional dan global antara lain dengan menerapkan suatu Sistem Penjaminan Mutu untuk mencapainya.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran Universitas HKBP Nommensen


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 169/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tahun 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas HKBP Nommensen, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- nommensen-id.org

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment