Soal Kedokteran

Informasi Jurusan Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram (Unizar Mataram) Nusa Tenggara Barat (NTB) bermula dari pendirian perguruan tinggi yang bercirikan Islam yakni Universitas Islam Al-Azhar. Pada tanggal 10 Mei 1981 didirikanlah Universitas Islam Al-Azhar dengan Surat Keputusan Nomor: 01/YPLA/1981 mengenai Pembentukan Universitas Islam Al-Azhar, di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada mulanya UNIZAR hanya memiliki 4 (empat) Fakultas, yakni:

(1) Fakultas Hukum, Jurusan Hukum Keperdataan dan Jurusan Hukum Pidana, yang belakangan pada tahun 1993, program nasional pendidikan tinggi ilmu hukum mengalami reorientasi pendidikan yang dilaksanakan dengan melebur seluruh jurusan menjadi program studi tunggal, yakni program studi ilmu hukum,

(2) Fakultas Pertanian Program Studi Sosial Ekonomi Pembangunan,

(3) Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil dan

(4) Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan, yang kesemuanya mendapat status terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang kala itu dijabat oleh Prof. Dr. Nugroho Notusanto, pada tanggal 18 Agustus 1984, dengan SK Nomor 0378/0/1984 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Fakultas dan Jurusan Dalam Lingkungan Universitas Islam Al-Azhar di Mataram.

Kemudian setelah itu Rektor, sekaligus pendiri Unizar H. Abdurrahim, SH, menggagas pendirian Fakultas Kedokteran di Unizar Mataram. Namun karena berbagai persyaratan masih belum dipenuhi saat itu maka atas saran Prof. Dr. dr. Soewignjo Soemohardjo, Sp.PD, KGEH, tahun 1990 berdirilah Fakultas Biologi namun dalam proses pengurusan izin atas saran dari Kopertis Wilayah VIII namanya kemudian berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sedangkan biologi dijadikan nama jurusan dan program studi.

Lebih kurang dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 28 April 1992, Fakultas MIPA mendapat status terdaftar dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan Keputusan Nomor 154/DIKTI/Kep/1992 Tentang Pemberian Status Terdaftar Kepada Jurusan Biologi Program Studi Biologi Untuk Jenjang Program S1 Pada Fakultas MIPA di Lingkungan Unizar di Mataram. Fakultas baru ini dianggap sebagai embrio dari Fakultas Kedokteran.

Beberapa tahun setelahnya, tepatnya tahun 2000 gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran dimunculkan kembali dan baru setelah 4 (empat) tahun kemudian, setelah melalui proses yang cukup panjang, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2004 Dirjen Dikti mengeluarkan Surat ijin penyelenggaraan, yakni dengan Surat nomor 2100/D/T/2004, perihal Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter pada Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran


Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar mulai diselenggarakan Tahun 2004, berdasarkan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 2100/D/T/2004, Tanggal 17 Juni 2004, yang diperpanjang dengan Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 3293/D/T/2006, Tanggal 1 September 2006 berlaku sampai dengan Tahun 2010. Pada tahun 2008 telah terakreditasi yang pertama dengan nilai C berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor : 029/BAN-PT/Ak-XI/S1/XI/2008 tanggal 13 Nopember 2008.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 164164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tahun 2013.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unizar.ac.id

Post a Comment

0 Comments