Mengenal Fakultas Kedokteran Unila

Posted by Online Consultant on Tuesday, December 30, 2014

Cita-cita masyarakat Lampung untuk memiliki sebuah Universitas negeri yang berdiri sendiri dapat terkabul sekitar tahun 1965. Dengan diterbitkanya surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) nomor 195 tahun 1965 yang menyatakan bahwa sejak tanggal 23 September 1965 berdiri Universitas Lampung (Unila), disambut dengan gembira oleh masyarakat Lampung.

Pada saat itu Unila baru memiliki dua Fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Ekonomi, belum punya Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kusno Danupoyo yang pada saat itu sebagai Gubernur/KDH Propinsi Lampung diangkat sebagai pejabat Ketua Presedium Universitas Lampung.

Universitas Lampung (Unila) baru mendapatkan izin menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter yang Tahun ajaran 2002/2003 dan mulai menerima Mahasiswa baru. Hal tersebut berdasar pada SK Dikti Nomor 3195/D/I/2003 Unila mendapat izin menyelenggarakan Program Pendidikan Dokter yang Tahun ajaran 2002/2003 di Universitas Lampung (Unila).

Fakultas Kedokteran Unila resmi disahkan sesuai dengan SK Menpan nomor 8/439/M.PAN-RB/2/2011 tanggal 16 Februari 2011. Dengan demikian saat ini Unila memiliki 8 fakultas, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Tehnik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam, Fakultas Kedokteran

Walaupun Fakultas Kedokteran Universitas Lampung termasuk baru (sekitar 11-tahanan) namun sudah meraih akreditasi A untuk Prodi Kedokteran. Suatu capaian yang termasuk bagus.

Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unila, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Lampung


Menurut data yang dirilis FK Unila, bahwa hingga Juni 2012 total lulusan dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (FK Unila) berjumlah 250 orang. Telah ada delapan angkatan yang diluluskan sejak angkatan pertama di tahun 2008. Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang diikuti oleh sarjana kedokteran lulusan Unila selalu menembus angka kelulusan lebih dari 90 persen.


Visi Prodi Kedokteran


Unila telah menetapkan tekad untuk melanjutkan dharma membangun Unila dan bangsa secara bersama-sama. Dengan keteguhan hati, dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Unila 2005-2025 telah ditetapkan visi Unila yaitu :
" Pada Tahun 2025 Unila Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia."


Misi Prodi Kedokteran


Sejalan dengan misi pembangunan pendidikan nasional serta kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unila telah pula menetapkan misi dalam RPJP Unila 2005-2025, yaitu :

1. Mewujudkan penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
2. Mewujudkan budaya akademik yang kondusif, dinamis, dan bermoral.
3. Mewujudkan tata kelola organisasi Unila yang baik (good university governance).
4. Mewujudkan aksesibillitas dan ekuitas pendidikan tinggi.
5. Menjadi agen perubahan dan menjaga kebenaran dan keadilan bagi kepentingan masyarakat.
6. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak antara lain pemerintah, masyarakat, dunia usaha, lembaga nonpemerintah, dalam dan luar negeri, yang saling memberikan manfaat secara berkelanjutan.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Lampung adalah bernilai A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tanggal 14 Pebruari tahun 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Lampung, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unila.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment