Ragam Seleksi masuk Fakultas Kedokteran UI Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Saturday, December 13, 2014

Setiap tahunnya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) begitu diserbu oleh sejumlah besar peminat yang bercita-cita pengen jadi dokter. Dari berbagai jenis seleksi yang diikuti dan atau diselenggarakan oleh PTN ini senantiasa tidak pernah sepi dari animo yang menginginkan bekerja sebagai profesi dokter, profesi yang menjanjikan dan tentu saja membanggakan karena bisa penuh dengan pengabdian. Meskipun persaingan di jurusan Kedokteran Universitas ini termasuk tinggi / ketat, disamping punya passing grade yang lumayan tinggi sekitar 60 % namun tak mengendurkan semangat mereka yang ingin mengecap bangku kuliah di Prodi Kedokteran Universitas Harapan.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai institusi pendidikan kedokteran favorit di Indonesia, telah banyak menarik minat para lulusan SMU/sederajat. Ketertarikan ini tentu saja bukan tanpa alasan. FKUI adalah salah satu pilar utama pendidikan tinggi kedokteran yang menyediakan pembelajaran berkualitas dengan lulusan yang terbukti mampu berperan aktif dalam usaha menyehatkan bangsa. Bergabung bersama keluarga besar FKUI merupakan idaman banyak anak bangsa.

FKUI menyiapkan gerbang masuk Program Sarjana (S1) antara lain melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI)

Pembahasan mengenai tata cara masuk, persyaratan, serta prosedur pendaftaran Program Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Internasional, Spesialis, Magister dan Doktor dapat diakses melalui www.penerimaan.ui.ac.id


Seleksi Nasional


Snmptn


Universitas Indonesia (UI) salah satu primadona para calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Selain diikuti oleh Universitas ini, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 62 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.


Sbmptn


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Indonesia (UI) juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bersama-sama dengan sekitar 62 PTN lainnya.

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas Indonesia menyelenggarakan sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Ujian SBMPTN terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan TKD Soshum atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.

Sedangkan Materi ujian keterampilan terdiri dari Tes Keterampilan mencakup bidang Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni, Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara), serta Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).

Sementara Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan dapat berupa Tes Kesehatan dan Tes Kemampuan Fisik.


Seleksi yang secara khusus digelar oleh Universitas Indonesia (UI)



Seleksi Simak UI - Reguler


Simak UI - Reguler menerapkan pola Ujian Tulis dengan biaya pendidikan setara dengan mahasiswa yang diterima via Snmptn dan Sbmptn.

Simak UI - Reguler mengujikan Kemampuan Dasar yang terdiri dari Matematika Dasar, B.Indonesia, B.Inggris. Kemampuan IPA terdiri yang dari Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, IPA Terpadu. Kemampuan IPS terdiri yang dari Ekonomi, Sejarah, Geografi, IPS Terpadu


Seleksi Kelas Internasional


Kelas Internasional menggunakan pola Ujian Tulis dan bagi lulusan akan memperoleh Gelar Ganda. Kelas Internasional Ujian Tulis Kemampuan IPA yang terdiri dari Maths for Natural Sciences, Biology, Physics, Chemistry, Integrated Natural Sciences


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Universitas Indonesia (UI) ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi du jurusan kedokteran Universitas Indonesia (UI), Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ui.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment