Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta

Posted by Online Consultant on Thursday, January 1, 2015

Universitas Muhammadiyah Jakarta atau UMJ bermula dari PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru) Muhammadiyah yang pada tahun 1958 dirubah menjadi Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan berada dibawah lingkungan Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ), dengan presiden universitas yang pertama adalah dr.H. Ali Akbar, sedangkan yang menjabar dekan FKIP telah ditunjuk R.H. Mubangit ronodihardjo.

Selanjutnya pada tanggal 21 September 1961 dibuka fakultas kesejahteraan social (FKS) yang di prakarsai oleh Menteri Sosial RI bapak Mulyadi Djojomartono. Dekan pertama FKS adalah Prof. Mr.H Sumantri Praptokuso yang pada waktu itu menjabat sebagai Sekretaris Jendral Departemen Sosial.

Pada tahun 1962, dibuka Fakultas Tarbiyah, dan pada tahun 1963 dibuka 3 (Tiga) fakultas , yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi. Selanjutnya pada tanggal 19 juni 1963 UMJ dikukuhkan pendiriannya melalui Akte Notaris Raden Soerojo Wongsowidjojo di Jakarta.

Hingga saat ini UMJ telah memiliki 9 (Sembilan) Fakultas dengan 43 Program Studi, meliputi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan kesehatan, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Keperawatan serta sekolah Pasca Sarjana, yang memiliki sejumlah program magister, meliputi Magister Ilmu Hukum, Magister Studi Islam, Magister Manajemen, Magister Ilmu Administrasi, Magister akuntansi, Magister Kesehatan Masyarakat, dan Magister Ilmu Keperawatan.

Adapun sejarah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta diawali dengan berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) pada tahun 1996, dengan satu program studi yaitu Kesehatan masyarakat. pada tahun 1998, program D3 Kebidanan diserahkan pembinaannya kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta sehingga kenamaan fakultas berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) pada tahun 2001.

Pada tahun yang sama pula kembali di buka satu program studi baru yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan untuk jenjang S1. Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2003, mulai diselenggarakan Pendidikan Dokter jenjang S1 sehingga fakultas berubah menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan. Saat ini Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) memiliki 5 program studi yaitu Program Studi Pendidikan Dokter, Program Studi Ilmu Keperawatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Program Studi D3 Keperawatan, dan Program Studi D3 Kebidanan.

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan diselenggarakan sebagai wujud peran serta Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang profesional dan Islami. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan bertujuan menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional, memiliki integritas iman dan taqwa, berilmu pengetahuan serta berakhlakul karimah yang mampu memberikan pelayanan berkualitas.


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta


Prodi Kedokteran


Penjelasan tentang Prodi Kedokteran di bagian bawah artikel ini.

Program Studi Ilmu Keperawatan


Program Studi Kesehatan Masyarakat


Program Studi D3 Keperawatan


Program Studi D3 Kebidanan




Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)



Visi Prodi Kedokteran


Menjadi Fakultas Yang Kompetitif, Terkemuka Dan Islami Tahun 2020


Misi Prodi Kedokteran


1. Mengembangkan kurikulum sesuai IPTEK berdasarkan nilai-nilai Islam dan nilai etik keprofesian
2. Mengembangkan strategi pembelajaran sesuai dengan metode mutakhir
3. Mengembangkan sumber daya manusia baik kuantitas maupun kualitas sesuai bidang keahliannya
4. Mengembangkan sarana dan prasarana untuk mendukung terciptanya suasana akademik yang islami
5. Melakukan penelitian secara berkesinambungan untuk pengembangan IPTEK Kedokteran dan Kesehatan
6. Mengembangkan dan Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan dalam upaya mendukung Sistem Kesehatan Nasional.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 011 Tahun 2009 yang berlaku s.d. tahun 2014.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- umj.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment