Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Unismuh Makassar

Posted by Online Consultant on Saturday, January 3, 2015

Universitas Muhammadiyah Makassar atau Unismuh yang berlokasi di Jalan Alauddin No. 259 Kota Makassar Sulawesi Selatan merupakan salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang merupakan amal usaha Muhammadiyah dalam mengembangkan pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan tinggi.

Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan oleh Pemimpin Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara sebagai hasil karya Panitia Pendiri yang dibentuk pada Musyawarah Wilayah Sulawesi Selatan dan Tenggara ke 24 di Kabupaten Watan Soppeng pada tanggal 5 September 1962, dengan Fakultas Ilmu Penelitian. Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar dengan menempati gedung Sekolah China pada tahun 1966.

Dalam sejarah perkembangannya, Universitas Muhammadiyah Makassar memulai pembinaannya dengan dua Fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Agama Islam. Kedua Fakultas tersebut membuka cabang di berbagai Kabupaten di Sulawesi Selatan. Untuk cabang Fakultas Ilmu Pendidikan dibuka di Kabupaten Bone, Bulukumba, Sidrap, Enrekang, dan Kotamadya Pare pare, sementara cabang Fakultas Tarbiyah dibuka Kabupaten Jeneponto, Sinjai, Enrekang, Maros, dan Pangkep. Di Kotamadya Makassar, membuka Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan Politik.

Untuk tetap bersaing di dunia kerja Unismuh Makassar menggunakan tenaga dosen Yayasan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Status mahasiswa adalah pegawai negeri yang sudah bekerja dan mahasiswa murni.

Sejak berdirinya hingga saat ini, telah meluluskan alumni sebanyak 14.670 orang Sarjana, Akta, Diploma, dan Pascasarjana. Sampai saat ini memiliki sejumlah 13.037 orang, dengan membina Tiga Program Pascasarjana, 6 Fakultas, 24 program studi jenjang Strata satu, Akta III dan IV serta Diploma Dua.

Sejarah ringkas Unismuh Makassar beserta Visi dan Misinya bisa Anda simak pada gambar di bawah ini :


Sejarah ringkas Unismuh Makassar



Visi dan Misi Unismuh Makassar



Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTS, Passing Grade Prodi Kedokteran Unismuh Makassar, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujian pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang kredibel. Semoga membantu!


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh)


Sejarah Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar bermula dari pengajuan proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unismuh Makassar, yang di usulkan ke DIKTI jakarta pada tahun 2007 .

Dari hasil usulan tersebut maka pada tanggal 16-17 Mei 2008 oleh Tim KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) melakukan visitasi ke Universitas Muhammadiyah untuk melihat kelayakan pembukaan program studi. Alhamdulillah dengan segala rasa syukur kepada Allah SWT, maka pada tanggal 29 Juli 2008 keluarlah izin oprasional dari Dirjen Dikti untuk Program Studi Kedokteran dengan No. 2422/D/T/2008.


Visi Prodi Kedokteran Unismuh Makassar


"Menjadi Program Studi Kedokteran yang terunggul dan terpercaya dengan luaran Dokter yang ber-ETIKA, bermoral Islami dan bernuansa global pada tahun 2020".


Misi Prodi Kedokteran Unismuh Makassar


- Menggunakan sistem pembelajaran Problem Based Learning yang terintegrasi pada nilai yang islami dalam proses belajar mengajar.
- Menghasilkan Dokter profesional dan berdaya saing mandiri, Beriman dan Bertakwa serta berwawasan globalyang mampu berperan secara holistic dalam mengatasi kesehatan masyarakat.
- Menyelenggarakan penyeberan dan penerapan IPTEK kedokteran bagi kesejahteraan masyarakat dan mnyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara islami.
- Menyediakan jasa konsultasi bagi amal usaha Muhammadiyah.
- Mengembangkan suatu model pemeliharaan kesehatn individu yang beroreantasi pada pencegahan (New Paradigma in Health), dan mengembangkan suatu “Health Complex Muhammadiyah” yang terpandang di Asia.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Makassar adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tanggal 29 Juni 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unismuh.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment