Mengenal Profil Jurusan Kedokteran Universitas Haluoleo

Posted by Online Consultant on Friday, January 9, 2015

Universitas Haluoleo disingkat Unhol atau Unhalu bermula dari perguruan tinggi swasta filial dari Universitas Hasanuddin Makassar yang didirikan pada tahun 1964.

Setelah tujuh belas tahun berselang, Universitas Haluoleo diresmikan sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Sulawesi Tenggara oleh Dirjen Pendidikan Tinggi; Prof. Dr. Doddy Tisnaamidjaja mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang masa itu dijabat oleh Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tangggal 19 Agustus 1981 sebagai perguruan tinggi negeri ke 42 di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 37 tahun 1981 yang terdiri dari:

- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Fakultas Ekonomi
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Fakultas Pertanian.

Ketika diresmikan, Universitas Haluoleo menempati kampus Kemaraya yang arealnya hanya seluas 7 Ha. Kondisi kampus yang relatif sempit ini mengharuskan para pendiri untuk mencari kampus alternatif sekaligus sebagai perluasan daya tampung`dan mengantisipasi pertambahan fakultas. Seiring dengan itu, kepercayaan masyarakat pun semakin besar terhadap Universitas Haluoleo, kendati hanya didukung oleh 17 orang tenaga dosen tetap.

Setelah dua tahun diresmikan, dimulailah pembangunan kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonohu yang menempati areal 250 Ha, yang ketika itu berada di pinggiran Kota Kendari, berjarak 14 kilometer dari pelabuhan laut Teluk Kendari. Setelah perluasan Kota Kendari, kampus Anduonohu saat ini berada di jantung kota. Bersamaan dengan itu, Senat Universitas Haluoleo menyhetujui singkatan Universitas Haluoleo berubah menjadi UNHALU.

Kata “Haluoleo" diambil dari nama salah seorang raja pada Kerajaan Konawe yang hidup sekitar abad tujuh belas. Haluoleo selain dikenal sebagai pemimpin yang bijak, diyakini pula sebagai ksatria yang tak kenal menyerah dan gigih membela tumpah darahnya. Secara harfiah Haluoleo berarti delapan hari dalam bahasa Tolaki - bahasa penduduk asli Kerajaan Konawe yang mendiami Kendari.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Haluoleo



Fakultas Kedokteran Universitas Haluoleo merupakan salah satu fakultas di Unhol selain 14 fakultas lainnya yang didirikan di Universitas Haluoleo.


Visi Universitas Haluoleo


"Pada tahun 2014 Universitas Haluoleo menjadi perguruan tinggi yang maju, bermartabat, berbudaya akademik, dalammembentuk SDM cerdas komprehensif secara berkelanjutan".


Misi Universitas Haluoleo


  1. Mengembangkan pendidikan berbasis riset dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sehingga lulusannya mampu bersaing, dan beradaptasi dalam kancah global
  2. Mengembangkan penelitian unggulan yang berorientasi pada publikasi dan perolehan hak paten
  3. Menerapkan hasil-hasil penelitian dan produk unggul lainnya bagi kesejahteraan institusi, masyarakat dan kemajuan IPTEKS
  4. Menguatkan sistem tata kelola universitas yang transparan dan akuntabel sehingga mampu memberikan layanan prima dalam pendidikan
  5. Mengembangkan potensi mahasiswa dibidang penalaran, olahraga, seni budaya, dan kewirausahaan, untuk membangun citra Universitas Haluoleo di tingkat nasional dan internasional
  6. Mengembangkan lingkungan universitas yang nyaman, aman, dan berwawasan lingkungan
  7. Meningkatkan kualitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu perguruan tinggi untuk menjamin kepastian layanan kepada stakeholders.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Haluoleo adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tanggal 10 Agustus 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih banyak mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Haluoleo dan Passing Grade Prodi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh info yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- uho.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment