Profil Kedokteran Universitas Palangkaraya

Posted by Online Consultant on Sunday, May 31, 2015

Universitas Palangka Raya disingkat UNPAR atau UPR di Kalimantan merupakan suatu perguruan tinggi negeri pertama dan tertua di Kalimantan Tengah yang terdiri dari 7 fakultas, yang diantaranya adalah Fakultas Kedokteran (FK-Unpar).

Universitas Palangka Raya mulai dibentuk pada tahun 1962 oleh Panitia Persiapan Pembentukan Universitas di Kalimantan Tengah yang mendapat dukungan formal dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah dengan nama Universitas Palangka Raya yang diresmikan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP) yaitu Bapak Prof.Dr.Ir.Tojib Hadiwijaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 141 Tanggal 10 November 1963.

Dalam perkembangan selanjutnya, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan yang waktu itu ditempatkan di Kuala Kapuas, hanya dapat berjalan kurang lebih 1 (satu) tahun. Pada tahun 1973, FKIS diubah namanya menjadi Fakultas Keguruan. Oleh karena itu, hingga tahun 1981 Universitas Palangka Raya hanya memiliki 3 (tiga) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan.

Secara geografis, kampus Universitas Palangka Raya dibagi atas tiga lokasi, yaitu Kampus Tunjung Nyaho yang beralamat di Jalan Yos Sudarso dengan luas lahan mencapai 300 Hektar. Kampus Kartini dengan luas 50 Hektar, dan Hutan Penelitian dan Pendidikan di Hampangen yang mencakup luasan lahan 5,000 Hektar, sehingga Universitas Palangka Raya memiliki luas keseluruhan sebesar 5,350 Hektar. Kegiatan administrasi Universitas Palangka Raya dipusatkan di Rektorat Universitas Palangka Raya di Kampus Tunjung Nyaho.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Universitas Palangkaraya


Dalam hal pembentukan program studi Kedokteran, Unpar hanya bekerjasama dan berkoordinasi dengan UI untuk membantu pembentukan program studi pendidikan dokter hingga menjadi Fakultas yang mandiri. Unpar juga sudah mendapatkan surat dari Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional agar Program studi kedokteran ditingkatkan menjadi Fakultas Kedokteran.


Visi Prodi Kedokteran


Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Palangka Raya pada Tahun 2014 menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya yang mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan unggul dalam berbagai bidang yang relevan dengan kebutuhan pembangunan kesehatan/kesejahteraan masyarakat.


Misi Prodi Kedokteran


a. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesuai dengan standar nasional dan kebutuhan pembangunan kesehatan/kesejahteraan masyarakat,
b. Mengembangkan ilmu dan teknik di tingkat Profesi Dokter yang mampu melaksanakan perubahan-perubahan sosial dan tata nilai masyarakat, dan mampu menghasilkan penelitian-penelitian yang bermutu dan bermanfaat bagi kemanusiaan dan kesehatan/kesejahteraan masyarakat.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Terkait Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Palangkaraya , belum ada data dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud yang kami dapatkan.


Diantara tujuan pembentukan Prodi Kedokteran Unpar adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengenali, menganalisis, dan memberikan alternatif pemecahan masalah kesehatan, serta merencanakan konsep-konsep baru dengan wawasan yang luas dalam rangka menghadapi era globalisasi. Disamping itu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan dan mengembangkan kompetensi profesionalisnya serta mampu mengembangkan karir dan kinerjanya dalam pelayanan serta pengabdian pada masyarakat.


Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para pengunjung memperoleh data yang dibutuhkan, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- upr.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment