Info Penerimaan Kedokteran Unpad Tahun Akademik 2018/2019

Posted by Online Consultant on Monday, March 12, 2018

Fakultas Kedokteran Unpad setiap tahunnya begitu didambakan oleh sejumlah besar pelajar yang bercita-cita ingin jadi dokter yang terkenal. Dari berbagai jenis seleksi yang diikuti dan atau diselenggarakan oleh PTN ini senantiasa tidak pernah sepi dari animo yang menginginkan bekerja sebagai profesi dokter, profesi yang menjanjikan dan tentu saja membanggakan karena bisa penuh dengan pengabdian. Meskipun persaingan di jurusan Kedokteran Universitas ini termasuk tinggi / ketat, disamping punya passing grade yang lumayan tinggi sekitar 60 % namun tak mengendurkan semangat mereka yang ingin mengecap bangku kuliah di Prodi Kedokteran Universitas yang berkampus asri di Jatinangor Sumedang.

Untuk masuk kuliah di fakultas Kedokteran (FK) Unpad, dulu cukup banyak pintu gerbang masuknya, ada jalur khusus internasional ada SMUP, dan lain-lain. Namun sejak perhelatan Sbmptn digelar, Universitas Padjadjaran hanya menerima cama dari 2 (dua) macam seleksi yang bersifat nasional / seleksi PTN nasional, yaitu Sbmptn dan Snmptn.


Berikut kami sampaikan hasi kerja kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Seleksi Nasional


Snmptn


Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Universitas Padjadjaran (Unpad) merupakan perguruan tinggi negeri dengan jumlah pendaftar terbanyak pada pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2014, dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung.

Hal itu diungkapkan Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Lokal Bandung SBMPTN 2014 yang juga Kepala Humas Unpad Bandung, Soni A Nurhakim. Ia menjelaskan, pendaftar SNMPTN dan SBNMPTN 2014 ke Unpad jumlahnya masing-masing 72.272 dan 78.535 orang. Unpad, dengan demikian masih paling banyak pendaftarnya dibandingkan dengan PTN lainnya.

Program studi di Unpad berdasarkan jumlah pendaftarnya, yakni Ilmu Komunikasi 6.357 pendaftar; Manajemen 5.070 pendaftar; Akuntansi 3.663 pendaftar; Farmasi 3.620 pendaftar dan; Psikologi 3.298 pendaftar.

Sementara berdasarkan rasio pendaftar dan kuota, program studi di Unpad masing-masing Manajemen 1:113 2; Teknik Informatika 1:74; Akuntansi 1:61; Administrasi Bisnis 1:55 5 dan; Administrasi Negara 1: 55.


Sbmptn


Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Padjadjaran (Unpad) juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi ini berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya.

Ujian SBMPTN Unpad terdiri atas ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlaku bagi semua peserta, sedangkan ujian keterampilan hanya berlaku bagi peserta yang memilih program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian tertulis yang diberikan kepada para peserta Sbmptn yang memilih kedokteran adalah TKPA atau Tes Kemampuan dan Potensi Akademik dan TKD Saintek atau Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi.



Jadwal Seleksi PMB Kedokteran Universitas Padjadjaran - Unpad


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Unpad 21 Februari – 6 Maret 2018Proses Seleksi Sekitar awal Maret – Awal April 2018 17 April 2018
2 Sbmptn Unpad Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIBUTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Mei 2018. Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.


Keterangan :

- Menurut Dekan FK Unpad Tri Hanggono Achmad, bahwa jalur Internasional Unpad yang ditutup itu merupakan penerimaan biasa (reguler). Adapun penerimaan mahasiswa asing S-1 dari jalur kerjasama antar universitas seperti dengan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) masih terbuka. FK Unpad sejak 2008 menerima mahasiswa asing, kebanyakan dari Malaysia. Uang kuliahnya lebih mahal daripada mahasiswa lokal untuk subsidi silang biaya kuliah.

Download contoh latihan soal Kedokteran Unpad


No.Download Latihan Contoh Mata Ujian Jumlah Latihan Soal dan Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soal disini Tes Potensi Akademik 5 (lima)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini Tes Potensi Akademik 5 (lima)


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Padjadjaran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unpad.ac.id

1 comment:

  1. minta info buat yang farmasinya dong d3 sama s1. makasih

    ReplyDelete