Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia (UKI) telah memiliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sastra (FS), Ekonomi (FE), Hukum (FH), Kedokteran (FK), Teknik (FT), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Fakultas Vokasi yang memiliki 4 program studi terdiri dari Fisioterapi, Keperawatan, Perbankan dan Keuangan, dan Manajemen Perpajakan serta Program Pascasarjana.

Berikut ini akan kami sampaikan Profil Ringkas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), sebuah Prodi Kedokteran Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dimana Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) ini, kampusnya beralamat di Jl. Mayjen Sutoyo No.2, RT.2/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tidak lama setelah Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (17/08/1945), beberapa tokoh nasional yang juga adalah pemuka-pemuka Kristen Indonesia tergerak dan merasa perlu untuk mendirikan Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Harapan tersebut baru terlaksana pada tanggal 25 Mei 1950. Di awal kegiatannya, lembaga ini juga telah memberikan perhatian yang cukup besar pada masalah pendidikan karena saat itu bangsa Indonesia sangat memerlukan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja dalam berbagai aspek kehidupan. Kebutuhan ini sudah bersifat mendesak.

Keinginan masyarakat Kristen Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam dunia pendidikan terus berkembang dalam diskusi-diskusi yang terjadi di lembaga ini. Bahkan dipikirkan pula akan perlunya mendirikan sebuah “universiteit”. Atas dasar itulah, DGI membentuk suatu komisi yang dipimpin oleh Prof. Dr. I.P. Simanjuntak, MA. Komisi ini bertugas membuat suatu studi kelayakan untuk mendirikan universitas yang hasilnya dilaporkan kepada DGI.

Sebagai tindak lanjutnya, DGI mengeluarkan resolusi mengenai Universiteit Kristen pada tanggal 30 Juni 1953. Resolusi yang ditandatangani oleh Ds. W.J. Rumambi, selaku Sekretaris Umum DGI, dalam Sidang Lengkap DGI dari tanggal 20-30 Juni 1953 mengusulkan kepada semua gereja dan masyarakat Kristen di Indonesia untuk membantu sepenuhnya pendirian Universiteit Kristen, baik secara moril maupun materil.

Beranjak dari resolusi tersebut, maka tokoh-tokoh Kristen Indonesia, yakni Mr. Todung Sutan Gunung Mulia, Mr. Yap Thiam Hien, Benjamin Thomas Philip Sigar, atas nama gereja-gereja yang tergabung dalam DGI (sekarang PGI), mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia di hadapan notaris Raden Kadiman, dengan nomor akte 117, tertanggal 18 Juli 1953. Anggota Yayasan kemudian diperbesar dengan kehadiran Elviannus Katoppo, Ong Jan Hong MD, Aminudin Pohan MD, Seri Condar Nainggolan MD, Benjamin Prawirohadmodjo, Pdt. Komarlin Tjakraatmadja, Gerrit Siwabessy MD, Tan Tek Heng, dan J.C.T Simorangkir. Tiga bulan kemudian, yaitu pada tanggal 15 Oktober 1953, diresmikanlah Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang terdiri dari Fakultas Sastra dan Filsafat, dengan Sub-fakultas: Pedagogik, dan Sastra, dan Fakultas Ekonomi.

Ketika itu, perkuliahan dan kegiatan administrasi masih berlangsung di gedung HSK yang terletak di Jl. Diponegoro 86, dan di tiga buah flat di Jl. Salemba 10. Fakultas Kedokteran UKI didirikan pad tahun 1962, lebih dulu daripada Fakultas Teknik yang didirikan tahun 1963.

Visi Program Studi Fakultas Kedokteran

Menjadi Program Studi Kedokteran yang unggul dan kompetitif dalam era global sesuai dengan nilai - nilai Kristiani danPancasila pada tahun 2019.

Misi Program Studi Fakultas Kedokteran

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang dapat melakukan pelayanan kesehatan primer, profesional, kompetitif, dan berkualitas sesuai dengan nilai - nilai Kristiani dan Pancasila yang unggul dalam bidang traumatologi dan penyakit tropis.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang kedokteran yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HAKI).
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang dikelola secara transparan, akuntabel, bertanggungjawab, mandiri dan adil.

Tujuan Program Studi Fakultas Kedokteran

Pada rentang waktu 2010-2020, Prodi Kedokteran FK - UKI memiliki tujuan sebagai berikut :
  1. Menghasilkan dokter yang dapat melakukan pelayanan kesehatan primer, profesional, kompetitif, mandiri, dan berkualitas berlandaskan nilai-nilai kristiani, yang unggul dalam bidang traumatologi dan penyakit tropis.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang kedokteran yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terciptanya tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, bertanggung jawab, mandiri dan adil (good governance).

FK UKI berkomitmen untuk menghasilkan dokter umum yang kompeten sesuai standar KKI,pendalaman khusus di bidang traumatologi dan penyakit tropis, dan pembimbingan mahasiswa melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta pembinaan karakter mahasiswa dengan nilai-nilai Kristiani

Sasaran Mutu FK UKI adalah terakreditasi A yang menghasilkan dokter yang unggul serta mampu melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkesinambungan berlandaskan nilai-nilai Kristiani.

Fakultas Kedokteran UKI telah melaksanakan program Pendidikan Dokter dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2006 dan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning yaitu berdasarkan kasus, dengan masa studi selama 5,5 tahun.

Staf pengajar FK UKI terditi dari tenaga profesional di bidangnya. Mereka memiliki kualifikasi S3, S2, atau spesialis yang berasal dari dalam dan luar negeri.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- uki.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments