Soal Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI), adalah salah satu fakultas dari sejumlah 13 (tiga belas) Fakultas di lingkungan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar. FK UMI didirikan dimakassar pada tanggal 8 juni 1992. Pada awal berdirinya Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia memulai kegiatan akademik dengan jumlah mahasiswa yang terbilang sedikit.

Pendidikan Dokter merupakan salah satu prodi yang dianggap favorit. Sehingga setiap tahun akademik senantiasa banyak peminat yang bersaing untuk memperebutkan kursi kuliah di sana. Misi FK UMI adalah menjadi Program Studi dengan penguatan utama kedokteran komunitas yang menghasilkan dokter yang bermutu,bermartabat,dijiwai nilai-nilai islam,untuk mengabdi kepada kemanusiaan demi kepentingan umat,bangsa dan negara menuju Wold Class University.

Selain favorit, Pendidikan Dokter Universitas Muslim Indonesia juga telah mendapatkan akreditasi resmi dengan Peringkat "A" (0319/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018). Penilaian tersebut didapatkan dari hasil pemeringkatan (atau lebih tepatnya akreditasi) yang dilakukan oleh LAM-PTKes. Disamping itu didukung pula oleh BAN-PT Kemdikbudristek, sebuah badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Dalam artikel yang kami buat berikut ini, akan disampaikan beberapa hal yang mungkin dibutuhkan sebagai tambahan informasi bagi para siswa/siswi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Beberapa Keunggulan Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa hal yang dapat kami tuliskan terkait Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ini. Hal-hal tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Yayasan UMI | Yayasan Wakaf UMI membina tiga pilar amal usaha yaitu Pendidikan dan Dakwah, Usaha dan Dakwah dan Kesehatan dan Dakwah.
  2. Pesantren Universitas | Pesantren Darul Mukhlisin Universitas Muslim Indonesia
  3. Program Kampus | Program Kampus Islami dengan harapan agar UMI tidak hanya mampu melaksanakan misi Tridarma Perguruan Tinggi yang berwawasan duniawi, melainkan juga mampu mengembangkan segi pendidikan yang berwawasan ukhrawi, yang dilandaskan atas kesadaran diri setiap insan yang melibatkan diri di dalamnya sebagai mahluk ciptaan Allah Swt.
  4. Pokok-pokok Program Kampus Islami | Bidang Akademik dan Pengajaran yaitu melakukan islamisasi ilmu pengetahuan, dengan jalan memberikan corak dan warna keislaman terhadap seluruh disiplin ilmu yang akan diberikan kepada para mahasiswa.

Fasilitas Penunjang Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Fasilitas Penunjang yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Lembaga Pendidikan (Pesantren) di Luar Kota Makassar : Pesantren ”Wihdatul Ulum” Borisallo Kab. Gowa, Pesantren Mizanul Ulum, Sanrobone Kab. Takalar, dll.
  • Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia.
  • Rumah Sakit Pendidikan Ibnu Sina Fakultas Kedokteran UMI yang mulai beroperasi pada Tahun 2003 berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan.
  • UMI menyediakan tempat tinggal berupa Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa). Rusunawa terletak di sebelah utara kampus II UMI, Jln. Pampang, Makassar.

Sejumlah Program Studi Fakultas Kedokteran

Berikut ini beberapa Program Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ini. Informasi yang dibutuhkan tersebut diantaranya sebagai berikut :

Jenjang Program Studi No. SK PeringkatKeterangan (Kadaluarsa)Website FK
Sarjana (S-1)Kedokteran Umum0319/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2018A2023-05-25fk.umi.ac.id
Profesi Dokter 0320/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2018A2023-05-25fk.umi.ac.id

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ini. Informasi tersebut dapat Anda pahami dari tabel berikut :

Jenjang Prodi Pendaftaran Jadwal Seleksi Tahap I Jadwal Ujian Tahap II Keterangan
S-1 Pendidikan Dokter 04 Februari - 24 Juni 2022 27 - 28 Juni 2022 29
- 30 Juni 2022
18 – 23 Juli 2022 Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dan sudah mendaftar dan membayar BPP/SPP, apabila mengundurkan diri maka uang BPP/SPP tidak dapat dikembalikan
Profesi Dokter -- -- -- --

Data selengkapnya mengenai Informasi Pendaftaran Fakultas Kedokteran dapat Anda unduh, Informasi Pendaftaran PMB Kedokteran Universitas Muslim Indonesia.

Sedangkan untuk melakukan Pendaftaran secara online, Anda dapat mengakses Laman Resmi Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru di Laman Resmi Pendaftaran PMB Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Dari Laman tersebut para calon peserta Ujian Kedokteran dapat mengecek sejumlah persyaratan beserta informasi lainnya, yang mungkin dibutuhkan agar pendaftaran berjalan dengan lancar.

Latihan Soal Seleksi PMB di Fakultas Kedokteran

Berikut ini kami sampaikan Latihan Soal Seleksi PMB untuk Tes tahun akademik 2022/2023 di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ini. Informasi tersebut khususnya untuk Prodi Kedokteran / Pendidikan Dokter, dan dapat Anda dapatkan dengan Panduan Unduh berikut :

  1. Latihan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Soal Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  2. Pembahasan Soal | silakan files gratis bisa Anda unduh Pembahasan Latihan Seleksi PMB Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

Beberapa hal lainnya terkait Fakultas Kedokteran

  1. Simbol UMI | UMI memberi pendidikan, pengetahuan dan teknologi secara umum yang bersifat universal. Namun UMI dalam menyelenggarakan pendidikan harus senantiasa merujuk kepada Al-Quran dan As-Sunnah (Hadist).
  2. Nilai-nilai luhur para pendiri yayasan | Pengurus YW-UMI mulai dari pengurus perdana sampai sekarang menyadari, bahwa berdasarkan atas nilai-nilai luhur yang diletakkan oleh para pendiri yayasan, maka konsep manajemen yang dianut haruslah konsep manajemen Islam, sehingga semua jabatan yang ada dalam lingkup organisasi YW-UMI, didefinisikan sebagai amanah.

Kami sertakan juga dalam Artikel tentang Kedokteran ini, Informasi Profil Fakultas Kedokteran berupa Video Profil yang bisa Anda tonton. Semoga Bermanfaat!

Profil Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar :

Eksistensi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, belum tergoyahkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta tertua, terbesar dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur. Kebesarannya tampak pada aspek keilmuan, dan profesionalisme, yang diwarnai dengan etika, moral dan intelektual yang berlandaskan keislaman.

Sehingga tentulah tidak mengherankan apabila Universitas Muslim Indonesia (UMI) tetap menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia Timur. Juga satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang sudah TERAKREDITASI INSTUTUSI dari pemerintah Nomor : 036/BAN-PT/Ak-I/Ins/III/2008, dan UMI satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Doktor (S-3).

Semoga informasi tentang Beberapa hal mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia yang kami publikasikan. Semoga dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- umi.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments