Profil Prodi Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Posted by Online Consultant on Saturday, December 13, 2014

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) merupakan salah satu universitas swasta di Kota Padang, Sumatera Barat. Didirikan pada tanggal 16 juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dengan ketua Bapak H. Amran.

Universitas Baiturrahmah pada pada mulanya hanya memiliki 7 (tujuh) jurusan, yakni program studi Pendidikan Dokter yang berada di Fakultas Kedokteran, program studi Pendidikan Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi, program studi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi Manajemen dan program studi Akuntansi keduanya difakultas Ekonomi serta, program studi D III Kebidanan serta program studi D III Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi, keduanya berdiri sendiri di dalam universitas. Di samping itu terdapat pula program studi Keperawatan di Akademi Keperawatan yang juga berada di dalam pengelolaan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, tetapi secara adminstratif terpisah dan Universitas Baiturrahmah.

Universitas Baiturrahmah memiliki satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatera dan satu-satunya fakultas kedokteran swasta di Sumatera Barat. Saat ini, program Kepaniteraan Klinik Senior FK Unbrah dilaksanakan di Rumah Sakit Umum dr. Pirngadi Medan.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa titik berat program pendidikan dilaksanakan di Universitas Baiturrahmah adalah dalam bidang kesehatan. Kalau dilihat dari kekhususan program studi dapat dikatakan bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah adalah satu-satunya fakultas sejenis pada 170 Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Kopertis Wilayah X (Sumatera Bagian Tengah).

Bahkan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahmah merupakan satu-satunya fakultas sejenis dan lebih 500 Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera. Baik program studi Pendidikan Dokter maupun program studi Pendidikan Dokter Gigi telah di akreditasi secara nasional dan pada waktu ini berada pada peringkat B. Program studi yang baru dibuka yaitu Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi adalah juga satu-satunya program sejenis di Kopertis Wilayah X.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Baiturrahmah (Unbrah) adalah C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 031 tahun 2010 yang berlaku s.d. tanggal 17 Desember 2015.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran PTS, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran Universitas Baiturrahmah, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada tentang Fk Universitas Baiturrahmah, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment