Fakultas Kedokteran Unja Berorientasi pada Kebutuhan Daerah

Posted by Online Consultant on Monday, December 15, 2014

Program Studi Pendidikan Dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Jambi (UNJA) merupakan bagian integral dari Universitas Jambi, dilingkungan yang dipimpin oleh Ketua Program Studi, berada dibawah pembinaan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dan bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Jambi.

Berdirinya Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Jambi berdasarkan landasan Hukum Operasional :

- SK Gubernur Provinsi Jambi No. 265 tahun 2005 tentang Pembentukan Tim Penyusun Rencana Pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

- SK Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya No. 224/PT11.5/G.3/2004 tanggal 15 Januari 2004, tentang Kesediaan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Menjadi Pembina Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

- SK Dirjen Dikti No. 1369/D/T/2005 tanggal 10 Mei 2005, tentang Izin Operasional Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

- SK Dirjen Dikti No. 1416/D/T/ 2007 tanggal tanggal 8 Juni 2007 tentang Perpanjangan ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi.

- Piagam Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jambi, Universitas Jambi dan Universitas Sriwijaya yang ditandatangani di Jakarta tanggal 13 Maret 2006 tentang Kerjasama dalam Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Rangka Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

- Surat Keputusan Bersama antara Rektor Universitas Sriwijaya dan Rektor Universitas Jambi tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Operasional Program Studi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran Universitas Jambi.

- Nota Kesepakatan (Memorandum Of Agreement) Kerja Sama Antara Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya nomor 560/J21/PP/2007 Nomor 3573/H9.1.4/G.1/TU/2007 tanggal 9 Agustus 2007 tentang Pembinaan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi.

- Perjanjian Kerja Sama Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Provinsi Jambi dengan Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Jambi nomor 294/H21.17/D.T/2009, Nomor 445/0016.A/UP/RSUD tentang Pendidikan,Pelayanan dan Penelitian.


Sedangkan visi FKIK (FMHS) Universitas Jambi menjadi Salah Satu Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Terkemuka dan Pusat Unggulan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran-Kesehatan (Iptekdokkes) Yang Berorientasi pada Kebutuhan Daerah, Nasional dan Global Pada Tahun 2025.

Disamping Pendidikan Dokter, jurusan yang ada di FK Unja adalah Program Studi Ilmu Keperawatan yang mempunyai visi untuk menjadi pusat pengembangan profesi keperawatan terkemuka di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan masyarakat dengan standard internasional yang mampu menghasilkan perawat profesional dengan akhlak mulia pada tahun 2025.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Visi Prodi Kedokteran


Pada Tahun 2025 Menghasilkan Lulusan Dokter Yang Berkualitas, Kompetitif, Mandiri Serta Bertanggung Jawab.



Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berorientasi pada pendidikan kedokteran nasional dan global sesuai dengan perkembangan Iptekdok.
2. Melaksanakan pengembangan penelitian, penyerapan dan penerapan Iptekdok dalam menunjang pembangunan Daerah dan Nasional.
3. Menghimpun, mendayagunakan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
4. Menghasilkan sumber daya manusia dalam bidang kedokteran yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang secara mandiri atau bersama-sama dapat mengembangkan dan menerapkan Iptekdok sesuai tuntutan pelayanan kesehatan dalam masyarakat dan pembangunan Daerah dan Nasional.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai C, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 038 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tahun 2016.

Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Jambi, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unja.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment