Profil Kedokteran Unpad sebagai FK Terbanyak Berikan Bidikmisi

Posted by Online Consultant on Sunday, December 14, 2014

Letak Geografis Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, sejak Universitas Padjadjaran membuka kampus II, berada di Kawasan Jatinangor kabupaten Sumedang, dialah pionir yang pindah ke Kawasan asri tersebut. Kampus FK UNPAD terletak di sisi sebelah Barat kawasan gedung pendidikan Universitas Padjadjaran di Jatinangor Kabupaten Sumedang yang berjarak kurang lebih 21 KM dari Kota Bandung. Kampus ini terletak di Kawasan Pendidikan Jatinangor, karena selain Universitas Padjadjaran (UNPAD), terdapat 3 perguruan tinggi lainnya yang memiliki kampus di kawasan tersebut yaitu Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN), Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang baru beberapa tahun membuka Kampus II juga seperti halnya Unpad.

Kampus Fakultas Kedokteran UNPAD Jatinangor terdiri dari 6 gedung utama (A1-A6) yang terletak seluas 13.300 m2. Kampus ini dilengkapi dengan prasarana berupa lahan parkir seluas 8152 m2.

Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) tercatat memiliki 36 mahasiswa penerima bidik misi. Jumlah tersebut tertinggi untuk program studi kedokteran dibandingkan perguruan tinggi lain. Hal tersebut seperti pernah dituturkan oleh Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh yang melakukan kunjungan kerja ke Kampus Unpad menuturkan bahwa Unpad adalah salah satu Fakultas Kedokteran yang memberikan bidik misi terbanyak ke mahasiswanya.

Mantan Mendikbud tersebut mengaku sangat terkesan dengan Kampus Unpad Jatinangor. Beliau mengaku, ada tiga hal positif yang diamatinya saat pertama kali mengunjungi kampus tersebut.

Pertama, beliau mengakui kebersihan kampus sangat baik. beliau menilainya sebagai "the best one".

Kedua, beliau melihat para mahasiswa banyak yang berkumpul di tempat-tempat terbuka. Artinya atmosfer akademiknya bagus.

Ketiga, beliau memerhatikan adanya kerapihan manajemen dan keramahan sosial di Kampus Unpad Jatinangor.

Fakultas Kedokteran (FK) Unpad didirikan atas 2 falsafah utama, yakni kemalahatan bagi masyarakat dan kebersamaan dalam kesejawatan. Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali datang dari menteri kesehatan dr. Lie Kiat Teng pada Kongres IDI di Surabaya tahun 1953. Seiring dengan berdirinya Universitas Padjadjaran (Peraturan Pemerintah No. 37/1957), maka berdiri pula FK Unpad bersama tiga fakultas lainnya. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran, pada tahun 1979 dibuka pendidikan pascasarjana dalam bidang Kedokteran.

Sejak tahun 2001, FK Unpad menerapkan metode Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan konsep Student-centered, Problem-based, Community-oriented, Early clinical exposure, Systematic (SPICES) pada proses perkuliahannya. PBL diyakini sebagai model pendidikan kedokteran yang dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu mengembangkan diri sendiri dan beradaptasi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan sendiri, tanpa tergantung oleh dosen dan institusi. Dengan kata lain, seorang dokter yang akan terus belajar sendiri sepanjang hayat (self-long life learner).

Sedangkan kurikulum pembelajaran dengan konsep SPICES diterapkan untuk mendorong minat mahasiswa untuk belajar dan melatih pola pikir mahasiswa. Kurikulum ini mengintegrasikan klinik dan preklinik serta memperkenalkan lebih awal pengetahuan klinik berupa kasus-kasus dan pelatihan keterampilan pada model atau pasien.

Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unpad, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, janis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta sejumlah Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan pada calon mahasiswa dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi kerja kami untuk anda yang bersumber pada informasi yang terpercaya. Semoga bisa membantu para pengunjung!


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Universitas Unpad


Sarjana:


  1. Sarjana Kedokteran : Penjelasan tentang Prodi Kedokteran di bagian bawah artikel ini.
  2. Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Twinning (Bachelor in Medicine Twinning program)


Diploma :


  1. D III Kebidanan
  2. D IV Kebidanan


Profesi:


  • Pendidikan Dokter


Spesialis:


  1. Anestesiologi dan Terapi Intensif
  2. Ilmu Bedah
  3. Ilmu Bedah Saraf
  4. Orthopaedi dan Traumatologi
  5. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  6. Ilmu Kesehatan Jiwa
  7. Ilmu Kesehatan Anak
  8. Ilmu Penyakit Dalam
  9. Ilmu Kesehatan Mata
  10. Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin
  11. Ilmu Penyakit Saraf
  12. Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher
  13. Obstetri dan Ginekologi
  14. Patologi Anatomi
  15. Patologi Klinik
  16. Radiologi
  17. lmu Kedokteran Nuklir
  18. Ilmu Bedah Anak
  19. Ilmu Bedah Urologi
  20. Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
  21. Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik


Pascasarjana:


Magister (S-2)


  1. Ilmu Kedokteran Dasar
  2. Ilmu Kesehatan Masyarakat
  3. Kebidanan


Doktor (S-3)


  • Ilmu Kedokteran


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran (S1) Unpad



Visi Prodi Kedokteran Unpad


Menjadi institusi yang menempatkan keunggulan penelitian dan pendidikan untuk kemaslahatan masyarakat guna mendorong daya saing bangsa disingkat menjadi RESPeCt yang merupakan singkatan dari Research and education Excellence for Society to Promote nation Competitiveness.


Misi Prodi Kedokteran Unpad


1. Menyelenggarakan penelitian dan pendidikan yang terintegrasi serta berorientasi pada keunggulan
2. Menjamin produk penelitian dan pendidikan unggul untuk kemaslahatan masyarakat
3. Meningkatkan kolaborasi dan sinergi potensi bangsa
4. Mendorong hasil penelitian dan pendidikan yang mendukung daya saing bangsa

Nilai-nilai : Transparansi, Etika, Kualitas prima, Antisipatif, Daya saing unggul (TEKAD).



Pencapaian Prodi Kedokteran Unpad


1. Quality Undergraduate Education (QUE) Project

Merupakan sebuah proyek perbaikan mutu pendidikan sarjana kedokteran (S.Ked) yang didapatkan FK UNPAD melalui hibah dana kompetitif Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI). Dana project ini berasal dari Bank Dunia.

2. Indonesia Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (IMHERE) Project

Merupakan program dana hibah kompetitif dari DIrektorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang ditujukan untuk memperkuat program studi dan tanggungjawab sosial lembaga pendidikan terhadap masyarakat. Fakultas Kedokteran UNPAD mendapatkan dana hibah kompetitif ini pada Tahun 2005 bekerjasama dengan Program Studi Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian dan Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

3. Health Professional Education Quality (HPEQ) Project

Merupakan project yang ditujukan untuk pengembangan standardisasi dari institusi pendidikan maupun lulusan dari Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia. Fakultas Kedokteran UNPAD memegang peranan penting dalam proyek yang didapatkan dari bantuan lunak Bank Dunia ini sebagai koordinator dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI).

4. PEPKI

Pertemuan dan Expo Pendidikan Kedokteran Indonesia, Salahsatu hasil penting dalam implementasi QUE Project adalah Fakultas Kedokteran UNPAD menginisiasi sebuah even penting yang disebut Pertemuan dan Expo Pendidikan Kedokteran Indonesia (PEPKI). PEPKI pada saat ini telah diadopsi oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) untuk menjadi agenda rutin 2 tahunan.

5. AMEA – Asia Medical Education Association

Fakultas Kedokteran UNPAD merupakan satu-satunya Fakultas Kedokteran di Indonesia yang mendapat kepercayaan sebagai host penyelenggaraan The 5th Asia Medical Education Association yang diselenggarakan di Bandung pada tanggal 4-7 Oktober 2009. Event ini berhasil mendatangkan – peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Sebanyak – perwakilan Fakultas Kedokteran di Asia turut meramaikan acara ini.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran Unpad


Akreditasi Program Studi Kedokteran (S1) di Universitas Padjadjaran adalah A, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 032 tahun 2012 yang berlaku s.d. 18 Oktober tahun 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unpad, Passing Grade Program Studi Kedokteran, Sekilas Profil, Jenis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami berikan bisa mempermudah para calon peserta seleksi kedokteran Unpad tahun akademik 2015/2016, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unpad.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment