Profil Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto

Posted by Online Consultant on Wednesday, December 31, 2014

Fakultas Kedokteran Unsoed sebagai salah satu fakultas yang berada pada Universitas Jenderal Soedirman yaitu salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang termasuk di wilayah II Seleksi Sbmptn dan Snmptn.

Universitas Jenderal Soedirman digagas dan didirikan di wilayah Banyumas. Sebagai tindak lanjut gagasan ini dibentuklah Yayasan Pembina Universitas Jenderal Soedirman dengan Akte Notaris No. 32 tanggal 20 September 1961. Selanjutnya, atas desakan masyarakat, dinas instansi, dan TNI, Yayasan Pembina Universitas Jenderal Soedirman berusaha mewujudkan berdirinya universitas. Dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 195 tertanggal 23 September 1963, berdirilah Universitas Jenderal Soedirman secara resmi didirikan, dan diresmikan oleh Menteri PTIP Prof. Dr. Tojib Hadiwidjaja bertempat di rumah Dinas Residen Banyumas.

Pada awalnya Unsoed memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, dan Fakultas Ekonomi. Dalam perkembangannya, Unsoed membuka beberapa fakultas lagi, yaitu Fakultas Peternakan (1966), Fakultas Hukum (1982), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1993), Program Pascasarjana (1994).

Selanjutnya didirikanlah Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan serta Fakultas Sains dan Teknik (2007) yang mengasuh 10 program diploma tiga, 37 program studi S1, 4 program profesi, 10 program studi S2, dan 2 program studi S3.

Dengan demikian Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan UNSOED merupakan fakultas ketujuh dari delapan fakultas yang saat ini dimiliki oleh UNSOED. Berdiri pada tahun 2007 berdasarkan nKeputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Nomor : Kept 122/H23/OT/2007, FKIK UNSOED merupakan institusi yang mengasuh enam jurusan, yakni Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, Kesehatan Masyarakat dan Gizi. Selain itu, FKIK UNSOED juga mengasuh dua program profesi, yakni profesi dokter dan profesi ners.

FKIK UNSOED memiliki fasilitas yang representatif, seperti Laboratorium Anatomi, Histologi, Biokimia Kedokteran, Fisiologi Kedokteran, Mikrobiologi Kedokteran, Parasitologi Kedokteran, Farmakologi, IKM & IKK, Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Ilmu Kedokteran Forensik, Radiologi, Kesehatan Jiwa, Bedah, Anestesiologi, Penyakit Dalam, Obstetri Ginekologi, Kesehatan Anak, Penyakit Mata, Penyakit THT, Penyakit Saraf, Biologi Kedokteran, Pendidikan Kedokteran, Keterampilan, Keperawatan Dasar, Maternitas, Medikal Bedah, Gawat Darurat, Komunitas Keluarga dan Keperawatan Jiwa, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, Gizi Masyarakat, Kesehatan Reproduksi, Biostatistik, Promosi Kesehatan dan Epidemiologi, Laboratorium Kedokteran Gigi, Farmakologi, Kimia Farmasi, Biologi Farmasi, Farmasetika dan RS Gigi dan Mulut Pendidikan.


Alamat :

Kampus Gumbreng /RSUP Prof. Dr. Margono Soekardjo (Jurusan Kedokteran)
Jl. Dr. Medika - Purwokerto
Kampus Karangwangkal (Jurusan Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Gizi & RS Gigi & Mulut Pendidikan)
Jl. Dr. Suparno - Purwokerto, 53122
website http://fkik.unsoed.ac.id


Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Unsoed Purwokerto, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Program Studi yang dibuka di Fakultas Kedokteran Unsoed


Prodi Kedokteran Umum


Penjelasan tentang Prodi Kedokteran di bagian bawah artikel ini.

Kedokteran Gigi


Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, berdiri pada 5 Maret 2008 dengan mendapat izin dari Dikti nomor : 548/D/T/2008, dan merupakan institusi pendidikan dokter gigi pertama di Jawa Tengah, dengan status Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dalam usia yang relatif muda dan dalam akreditasi yang pertama langsung mendapat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sesuai dengan surat keputusan BAN-PT Nomor 106/SK/BANPT/AkXV/S/IV/2013 maka Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED terakreditasi B.

Institusi Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman berusaha melakukan program Pendidikan Kedokteran Gigi dasar bagi mahasiswanya dengan melalui serangkaian program pembelajaran untuk menyelesaikan kurikulum pendidikan dokter gigi. Lulusannya nanti diharapkan mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan klinik dan sikap perilaku yang profesional sebagai dokter gigi yang mampu memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat.


Kesehatan Masyarakat



Prodi Kesehatan Masyarakat mempunyai visi mencapai keunggulan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan kepemimpinan dalam pembangunan kesehatan masyarakat di Indonesia khususnya kesehatan masyarakat perdesaan berbasis kearifan lokal yang berkelanjutan tahun 2020.

Sedangkan misinya adalah sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan kesehatan masyarakat yang bermoral, memiliki kompetensi akademik yang memadai dan profesionalisme, keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan dan entrepreneurship, memecahkan masalah dan berinovasi khususnya pengembangan kesehatan masyarakat perdesaan berbasis kearifan lokal.
2. Menyelenggarakan alih teknologi berbasis penelitian yang relevan dengan pengembangan sumberdaya kesehatan masyarakat perdesaan dan kearifan lokal dalam rangka menunjang pembangunan kesehatan daerah dan nasional.
3. Menjalin kerjasama dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni di bidang kesehatan masyarakat pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
4. Mengembangkan kesejahteraan civitas akademika jurusan kesehatan masyarakat berbasis akuntabilitas dan meritokrasi.


Farmasi


Jurusan Farmasi Unsoed genap merayakan usianya yang ke-9 tahun di 2014. Jurusan ini menyediakan lulusan sarjana farmasi yang terlatih, fokus pada farmasi klinik dan komunitas.

Sebagai pemain penting sekolah Farmasi di Regional Joglosepur (Jogja, Solo, Semarang, Purwokerto), Jurusan Farmasi Unsoed mengedepankan lulusan yang mampu menerapkan Eight Stars Pharmacist (care giver, leader, manager, communicator, decision maker, teacher, long life learner, researcher) plus entrepreuner dalam pelayanan kefarmasian klinik dan komunitas yang dilandasi etika dan moral.


Keperawatan


Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu program pendidikan kesarjanaan yang diharapkan menghasilkan tenaga keperawatan yang profesional (S1 Keperawatan dan Ners).

Keperawatan sebagai suatu profesi memiliki peran yang tak kalah pentingnya dalam ikut menangani masalah kesehatan di Indonesia. Untuk dapat berperan serta dalam pembangunan bangsa khususnya dalam bidang kesehatan ini, perawat harus memiliki kompetensi yang memadai sehingga memiliki tanggung jawab dan tanggung gugat yang dapat diandalkan. Terkait dengan tanggung jawab tersebut, maka untuk menghasilkan tenaga keperawatan ini perlu melalui jalur pendidikan tinggi yaitu penyelenggaraan Program Pendidikan Sarjana Keperawatan.

Program tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar pada peserta didik untuk menumbuhkan dan membina sikap, pengetahuan serta keterampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang “perawat profesional”.

Keberadaan Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman adalah untuk menjawab kebutuhan perawat dan tuntutan global akan pelayanan keperawatan yang profesional khususnya diwilayah Jawa Tengah Selatan, perlu adanya suatu program pendidikan keperawatan yang berbasis pendidikan Strata I. Menindaklanjuti tuntutan masyarakat tersebut, Universitas Jenderal Soedirman membentuk kelompok kerja keperawatan (Pokja) pada tahun 2001. Pokja keperawatan ini bertugas menyiapkan pendirian PSKp dengan dukungan dari kelompok profesi kesehatan ( PPNI, ISFI, IDI, IDGI, PSKM,dll ) dan Stakeholders, serta bimbingan dari Konsorsium Ilmu-ilmu Kesehatan Indonesia. Jurusan Keperawatan Unsoed (PSKp) didirikan berdasarkan SK Dikti Nomor: 598/D/T/2005, tertanggal 02 Maret 2005. Pejabat yang menandatanganii adalah Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. PSKp mulai menyelenggarakan pendidikan untuk pertama kali bulan September 2005.


Ilmu Gizi


Program Studi Ilmu Gizi didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 144/D/O/2010 tanggal 22 September 2010 dan mulai menyelenggarakan pendidikan untuk pertama kali mulai tahun ajaran 2011-2012.

Program Studi Ilmu Gizi bergabung dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan Unsoed berdasarkan SK Rektor Unsoed Nomor 006/H23/PP.04.00/2011 tanggal 5 Januari 2011 .

Sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi dalam mengemban mandat masyarakat dan pemerintah serta dalam rangka mencapai tujuan yang dicita-citakan untuk jangka waktu tertentu maka Jurusan Ilmu Gizi FKIK Universitas Jenderal Soedirman memiliki Visi dan Misi yang harus diemban. Visi dan misi Jurusan Ilmu Gizi sejalan dengan visi dan misi Univeritas.


Selain itu ada salah satu prodi lagi di lingkungan FK Unsoed yaitu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran Unsoed



Visi Prodi Kedokteran


Menjadi pusat pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat, di bidang kedokteran terutama Ilmu Kedokteran Lingkungan yang professional dan mampu bersaing di tingkat global, memiliki landasan etik moral yang tinggi sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat.


Misi Prodi Kedokteran


1. Menyelenggarakan Fakultas Kedokteran yang mampu menghasilkan dokter yang berkualitas yakni memiliki keunggulan spesifik dan kompetitif dalam mengelola kesehatan masyarakat khususnya di bidang Ilmu Kedokteran Lingkungan.

2. Mengembangkan riset dan iptek khususnya di bidang Ilmu Kesehatan Lingkungan.

3. Menyelenggarakan pelayanan dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan.

4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama di bidang pendidikan, riset dan pengabdian kepada masyarakat dengan lembaga lain di dalam dan di luar negeri.

5. Mengembangkan dan membina suasana kampus yang kondusif bagi civitas akademika sehingga menghasilkan kinerja yang optimal.


Kerjasama Jurusan Kedokteran Unsoed


Kedokteran Unsoed mengadakan dan menyelenggarakan kersama dengan berbagai Institusi. Diantaranya dengan RSUD Margono Soekarjo Purwokerto yang mereka pilih sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Adapun Rumah sakit Jaringan sebagai pendukungnya meliputi Rumah Sakit Umum Banyupmas, RSUD Purbalingga, RSUD Banjarnegara, Bapelkes Gombong, serta beberapa Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di wilayah regional Kabupaten Banyumas.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Jenderal Soedirman adalah bernilai B (Baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 023 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tahun 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Akreditasi BAN-PT Kemdikbud Jurusan-jurusan di Fakultas Kedokteran Unsoed



No.WIL.StrataPerguruan TinggiProgram StudiNo.SKThn.SKPeringkatTanggal DaluwarsaStatus Daluwarsa
1 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Farmasi 042 2010 C 22-01-2015 masih berlaku
2 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Ilmu Gizi 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014 2014 B 26-09-2019 masih berlaku
3 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Ilmu Keperawatan 257/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013 2013 B 26-12-2018 masih berlaku
4 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Kesehatan Masyarakat 008 2011 B 23-06-2016 masih berlaku
5 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Pendidikan Dokter 023 2011 B 09-09-2016 masih berlaku
6 06 S1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Pendidikan Dokter Gigi 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013 2013 B 04-04-2018 masih berlaku


Sebagai info, bahwa Universitas Jenderal Soedirman juga mengembangkan kampus dengan penataan arus sirkulasi baik sirkulasi internal maupun eksternal, agar tercipta kenyamanan bagi semua civitas kampus.

Pengembangan juga dialokasikan untuk bangunan dengan kapasitas fungsi yang besar dan dinamis, dengan menyediakan ruang-ruang yang fleksibel untuk multiple purpose, juga dengan pengelompokan dan zonasi yang jelas pada masing-masing fungsi bangunan.

Perancangan massa bangunan dengan bentuk fleksibel, sehingga dimungkinkan untuk perkembangan dan perubahan fungsi di masa mendatang.

Citra modern bangunan tampak pada garis-garis vertikal dan horizontal yang tegas sebagai fasad bangunan. Juga pada penggunaan warna modern formal seperti putih, hitam, dan abu abu. Warna putih sebagai fasad bangunan juga berpengaruh pada iklim mikro dalam bangunan.


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unsoed.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment