Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran UPN Veteran Jakarta

Posted by Online Consultant on Tuesday, December 30, 2014

Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta sudah menjadi negeri mengikuti status universitasnya. Status UPN Veteran Jakarta, begitu juga UPN Veteran Surabaya, dan UPN Veteran Yogyakarta yang awalnya swasta, telah berubah menjadi negeri atau PTN. Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Pemerintahan terdahulu Muhammad Nuh.

Menurut M. Nuh yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, proses penegerian yang telah dimulai sejak empat tahun lalu telah dirampungkan. UPN “Veteran” yang merupakan universitas Bela Negara telah memenuhi aspek-aspek pertimbangan untuk menjadi PTN yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Dari tiga pertimbangan proses konversi dari PTS ke PTN, UPN “Veteran” telah memenuhi dua pertimbangan, yaitu pertimbangan sejarah dan misi khusus untuk bela negara.

Pertimbangan historis, artinya dulu UPN Veteran pernah berstatus negeri, tetapi kemudian menjadi swasta. Sedangkan untuk misi khusus karena UPN “Veteran” menghadirkan sesuatu yang baru yang tidak bisa dipenuhi oleh PTN lain yaitu sebagai perguruan tinggi Bela Negara.

Menhan Purnomo Yusgiantoro yang menjadi Pembina UPN “Veteran” sangat senang dengan peresmian ini. Menurutnya UPN “Veteran” sejak dulu telah berstatus sebagai PTN. Namun karena beberapa hal, status tersebut berubah menjadi PTS. Purnomo menjelaskan meski berstatus PTS, UPN “Veteran” berdiri ditanah yang dimiiki oleh negara. Karena adanya temuan BPK, untuk memenuhi maka untuk memenuhi temuan-temuan di BPK, kemudian untuk memenuhi mereka itu sebagai perguruan tinggi bela negara, kita sepakat di untuk UPN kita negerikan kembali dan itu alasan mengapanya ini menjadi PTN.

Menhan juga menegaskan, meski berstatus PTN, UPN harus tetap menjadi perguruan tinggi Bela Negara, seperti trade marknya. Artinya nilai-nilai bela negara tidak boleh hilang dengan pengalihan status ini. Di UPN Veteran ada kurikulum mata kuliah Bela Negara bagi mahasiswa. Bahkan, kuliah kerja nyata di daerah-daerah perbatasan. Karena memiliki nilai-nilai bela negara ini, UPN Veteran pantas menjadi PTN. Ini trademark (tanda khas) UPN Veteran.

Untuk mengenal profil, Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran UPNVJ, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!


Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran UPNVJ


Berdirinya Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta tidak lepas dari situasi dan kondisi yang melatar-belakangi pada waktu itu. Situasi dan kondisi yang melatar-belakangi antara lain Kebijaksanaan pembangunan kesehatan yang tertuang dalam TAP MPR nomor II/MPR/1993 mengenai Garis-garis Besar Haluan Negara yang menggariskan bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan mutu dan kemudahan pelayanan kesehatan yang harus makin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Disamping itu tingginya kebutuhan tenaga dokter memberikan peluang untuk dapat dibukanya Fakultas Kedokteran baru. Peluang yang ada dimanfaatkan oleh Universitas Pembangunan Nasional Veteran yang bernaung di bawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman yang selanjutnya sesuai dengan SKEP Menteri Pertahanan RI dilebur menjadi Yayasan Pendidikan dan Perumahan Prajurit (YKPP) yaitu sebuah Yayasan di bawah Departemen Pertahanan Keamanan RI untuk membentuk Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Ternyata upaya mendirikan Fakultas Kedokteran tersebut berhasil. Secara resmi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta berdiri pada Tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993 tentang Penataan Universitas Pembangunan Nasional Veteran.


Visi dan Misi Fakultas Kedokteran


Menghasilkan dokter lulusan Fakultas kedokteran Unversitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang memiliki kompetensi :

- Mengelola masalah-masalah kesehatan individu, keluarga masyarakat dan kesehatan matra yang sering ditemui secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam tatanan pelayanan kesehatan primer (to manage professionally common health problems at individual, family community lever and military medicine in a comprehensive, holistic, and continuous manner within the primary health care/PHC settings).
- Menerapkan prinsip-prinsip dasar ilmu biomedis, klinis dan perilaku serta epidemiologi dalam praktek profesi kedokteran.
- Melakukan pemeriksaan kliniks dasar di berbagai sarana kesehatan primer.
- Melakukan komunikasi efektif dengan penderita, keluarga, masyarakat, dan tenaga profesi kesehatan lainnya.
- Menjadi tenaga professional yang berpegang teguh pada nilai-nilai sumpah dokter dan etika kedokteran , moral dan agama secara konsekuen dan konsisten.
- Mengakses, menelaaah kritis dan mengelola informasi kedokteran dan kesehatan dalam rangka memelihara kemampuan belajar sepanjang hayat.
- Melakukan penetian kedokteran/kesehatan untuk meningkatkan kemampuan tugas profesinya yang bermanfaat bagi masyarakat umum dan kelompok masyarakt dan melaksanakan kegiatan di lingkungan matra.
- Menjadi tenaga professional yang berkembang secara mandiri, sadar diri, mampu memelihara diri, dan mengembangkan profesinya serta melaksanakan pengabdian yang tinggi, tanggap dan terampil serta menunjukkan sikap prilaku yang baik dalam pelayanan kedokteran umum dan kesehatan matra.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas ini adalah bernilai B (Baik), berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 048 Tahun 2011 yang berlaku s.d. tahun 2016.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran UPN Veteran Jakarta, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- www.upnvj.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment