Ujian Masuk Fakultas Kedokteran Unbrah Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Saturday, December 13, 2014

Fakultas Kedokteran Unbrah berada di bawah Yayasan Pendidikan Baiturrahmah. Dengan keluarnya Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 terjadi perubahan nama program studi di atas yaitu program studi Kedokteran Gigi menjadi Program Studi Pendidikan Dokter Gigi sedangkan program studi Kedokteran menjadi program studi Pendidikan Dokter.

Selanjutnya dengan keluarnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 219/DIKTI/Kep/1999 tanggal 10 Mei 1999, satu program studi lagi dibuka yaitu program studi Kesehatan Masyarakat, dan sejalan dengan itu didirikan pula Fakultas Kesehatan Masyarakat dalam lingkungan Universitas Baiturrahmah melalui Keputusan Rektor Universitas Baiturrahmah No. 162/Unbrah/VI/1999.

Akhirnya, melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 2843/D/T/2005 tanggal 8 Agustus 2005 dibuka pula program studi D.III Kebidanan, dan dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 276/D/T/2006 tanggal 30 Januari 2006 dibuka program studi D.III Teknik Radio Diagnostik dan Radio Terapi. Dengan demikian sampai saat ini Universitas Baiturrahmah menyelenggarakan tujuh program studi, yaitu program studi Pendidikan Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi, program studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran, Program Studi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat, program studi Manajemen dan Akuntansi di Fakultas Ekonomi, dan dua program studi D III yang berdiri sendiri, yaitu program studi Kebidanan dan program studi Teknik Radio Diagnostik & Radio Terapi.

Sejak didirikan, masing-masing fakultas diatas telah mengalami berbagai perkembangan yang pada umumnya sangat mengembirakan. Program studi Pendidikan Dokter Gigi yang sejak dibuka memiliki status terdaftar, sejak tahun 1998 oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi status akreditasinya ditingkatkan menjadi terakreditasi dengan kategori B. Demikian pula program studi Pendidikan Dokter yang semula dengan status terdaftar, sejak tahun 1998 naik statusnya menjadi terakreditasi dengan kategori B. Hanya program studi Manajemen dan Akuntansi yang masih relatif agak tertinggal, tetapi masih lumayan dengan status pada waktu ini sebagai terakreditasi dengan kategori C. Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi sejak tahun 2008.

Untuk menjaga mutu dan kelancaran pelaksanaan kurikulum maka masing-masing fakultas telah menjalin kerjasama dengan universitas dan lembaga terkait, seperti Universitas Andalas, Universitas Sumatera Utara, Rumah Sakit Umum dr.Pirngadi Medan dan rumah sakit lainnya, serta Dinas Kesehatan Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Disamping itu dijalin pula kerjasama dengan Fakulti Kegigian Universiti Malaya.


Terkait Penerimaan mahasiswa baru Universitas Baiturrahmah Padang Sumbar, untuk tahun akademik 2015/2016, untuk Gelombang I diperkirakan pendaftarannya akan digelar awal Mei - akhir Juni 2015 yang biasanya meliputi prodi-prodi berikut ini :

- kedokteran
- kedokteran gigi
- radiologi
- kebidanan
- kes. Masyarakat


Universitas Baiturrahmah, sebagai salah satu lembaga swasta yang telah lama berkiprah mengayomi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan tinggi, Universitas Baiturrahmah tidak saja harus responsif terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu dan teknologi agar dapat selalu menghasilkan lulusan yang kompetitif dengan kompetensi yang lengkap, tetapi juga dituntut mampu membimbing dan membina masyarakat dalam menghadapi segala macam tantangan dalam era globalisasi yang sangat kompleks, disamping sebagai katalisator dalam mendorong pembangunan daerah.

Para calon mahasiswa pendidikan kedokteran Universitas Baiturrahmah harus memahami tujuan pendidikan di Universitas Baiturrahmah, diantaranya diarahkan agar dapat:

1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Taala, memiliki akhlakul karimah yang tangguh serta integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan / teknologi, khususnya yang berkaitan dengan pclayanan langsung dalam bidang keahliannya.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat disamping memperkaya kebudayaan nasional.

Saat ini pendidikan di Universitas Baiturrahmah adalah pada pendidikan sarjana dan diploma dan jalur akademik, yaitu pendidikan yang diarahkan pada hasil lulusan yang mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat; menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang keahlian tertentu, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya; menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan; mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan bidangnya.

Penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan diatas selalu berpedoman pada tujuan pendidikan nasional, kaidah Qur'an dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW, moral dan etika ilmu pengetahuan, kepentingan masyarakat serta memperhatikan pula minat kemampuan dan prakarsa pribadi mahasiswa.

Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Baiturrahmah ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat menambah wawasan para peminat program studi kedokteran Universitas Baiturrahmah, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unbrah.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment