Universitas Islam Indonesia (UII) Buka Ujian Tulis Kedokteran Tahun Akademik 2015/2016

Posted by Online Consultant on Tuesday, December 30, 2014

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (PMB-UII) untuk Tahun Akademik 2015/2016 sudah dibuka sejak tanggal 29 Desember 2014.

Namun karena terkait dengan hari libur nasional memperingati Tahun Baru Masehi dan Maulid Nabi Muhammad Saw, pihak UII menyampaikan pengumuman bahwa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII pada hari Kamis, 1 Januari 2015 dan Sabtu, 3 Januari 2015 diliburkan dahulu. Pelayanan PMB UII menurut panitia akan dibuka kembali pada hari Senin, 5 Januari 2015. Pihak UII pun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan tersebut pada calon peminat UII tentunya beserta orang-tua/walinya.

Nah, terkait seleksi ternyata setiap tahunnya Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia sangat diminati oleh sejumlah besar pelajar termasuk peminat FK UII yang mengincar profesi dokter. Berdasarkan hasil ujian tulis (Paper Based Test) tahun akademik 2014/2015 gelombang I, terekap dari 540 pendaftar, hanya lima orang yang dinyatakan lolos, atau dengan rasio 1:108.

Menurut Kepala Pemasaran dan Penerimaan UII Awan Satya Dewanto, bahwa jumlah pendaftar Fakultas Kedokteran menggunakan jalur seleksi PBT ini yang terbanyak dibandingkan jurusan lain.

Banyaknya peminat yang ingin masuk pendidikan dokter menunjukkan kredibilitas jurusan tersebut. Berdasarkan penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Fakultas Kedokteran UII mendapatkan akreditasi B. UII dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini menggunakan tiga pola, yaitu PBT, computer based test (CBT), dan penelusuran siswa berprestasi (PSB).

Dari pola ini, akumulasi pendaftar baik dari PBT, CBT, dan PSB tercatat 1.596 pendaftar. Meskipun kental nuansa Islam, UII juga menerima mahasiswa nonmuslim.

Apalagi untuk tahun akademik 2015/2016 karena akreditasi Pendidikan Dokter UII naik peringkat menjadi bernilai A (atau sangat baik) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2012.


Jadwal Seleksi PMB Universitas Islam Indonesia (UII) Tahun Akademik 2015/2016


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Seleksi Paper Based Test (PBT) Periode 1 - Non Kedokteran 17 Januari 201518 Januari 2015 21 Januari 2015
2 Seleksi Paper Based Test (PBT) Periode 1 - Kedokteran 17 Januari 2015- Tahap 1 : 18 Januari 2015
- Tahap 2 : 22-23 Januari 2015
27 Januari 2015


Keterangan :

- Paper Based Test (PBT) adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan secara tertulis. Semua program studi melakukanseleksi calon mahasiswa menggunakan pola seleksi PBT. Khusus program studi Pendidikan Dokter, seleksi calon mahasiswa dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama berupa PBT dan tahap kedua berupa seleksi wawancara dan psikotes.

- Seleksi Tahap dua khusus untuk calon mahasiswa yang memilih Program Studi Pendidikan Dokter, dan telah dinyatakan lolos ujian tertulis (PBT) atau PSB. Seleksi ini meliputi: Ujian Komprehensif (ujian tulis kemampuan penalaran, tes psikometri, wawancara, dan pemeriksaan dokumen). Seleksi ini menentukan kelulusan calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, namun tidak mengubah besarnya Sumbangan Catur Dharma yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain melalui jalur ujian tulis, penerimaan FK UII 2015 juga ditempuh seleksi yang bernama PSB atau pola seleksi prestasi bidang akademik dan minat-bakat. Kategori Siswa Berprestasi Bidang Akademik ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sain, lomba karya ilmiah remaja).

Sedangkan PSB atau pola seleksi prestasi minat-bakat ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.


Untuk mengenal secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII), Passing Grade Program Studi Kedokteran, Sekilas Profil, Jenis-jenis Seleksi Kedokteran yang diselenggarakan, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami berikan bisa mempermudah para calon peserta seleksi kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) tahun akademik 2015/2016, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- uii.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment