Seleksi Fakultas Kedokteran Universitas Riau TA 2015/2016

Posted by Online Consultant on Sunday, December 28, 2014

Seleksi masuk Fakultas Kedokteran Universitas Riau bisa ditempuh dengan beberapa jenis seleksi / ujian, diantaranya Seleksi Nasional yang bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan juga Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Universitas ini merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan telah diikuti sejak awal dibuatnya seleksi Snmptn.

Selain diikuti oleh Universitas Riau, Snmptn juga diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang melibatkan lebih kurang 64 Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Selain jalur Snmptn, untuk dapat kuliah di Jurusan Kedokteran, Universitas Riau juga menyeleksi calon mahasiswanya melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Bentuk penerimaan mahasiswa baru tersebut diterima dan diselenggarakan oleh UNRI / UR karena merupakan pola seleksi yang berdasar pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta bentuk peraturan lainnya. Seleksi Sbmptn diselenggarakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis. Selain ujian tertulis, program studi ilmu seni dan keolahragaan juga mempersyaratkan uji keterampilan. Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidikmisi, peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti SBMPTN tanpa biaya pendaftaran.

Universitas ini menyelenggarakan / mengikuti sistem Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan tujuan untuk menyeleksi dan memperoleh calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik guna mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pola seleksi ini juga bertujuan untuk memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.



Seleksi PMB Universitas Riau



No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn Universitas Riau Sekitar minggu ketiga Februari – akhir Maret 2015Proses Seleksi Sekitar awal April – akhir Mei 2015 Sekitar akhir Mei 2015
2 Sbmptn Universitas Riau Sekitar 12 Mei – 6 Juni 2015Sekitar 17 Juni 2015 Sekitar 16 Juli 2015
3 Seleksi UM Mandiri UR Pascasarjana S2 dan S3 -- -- --
4 Seleksi UM Mandiri UR Program Diploma 3 (D3) - Non Kedokteran -- -- --

Unri menerapkan Pola ilmiah pokok yaitu Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja Industri, Wilayah Kelautan, Pantai dan Perairan. Tujuan pendidikan dokter FK UR adalah mendidik mahasiswa melalui proses belajar menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai cukup pengetahuan, ketrampilan dan sikap sebagai dokter pelayanan primer yang menerapkan prinsip – prinsip dokter keluarga dan dapat bersaing secara global.

Bagi calon peminat FK UNRI juga harus mengenal tahapan perkuliahan di Pendidikan Dokter Universitas Riau yang terdiri dari 3 tahap, yaitu :

- Tahap I Keterampilan Generik,

- Tahap II Ilmu – ilmu Kedokteran Dasar dan Ilmu – ilmu Kedokteran Klinik dan,

- Tahap III Praktik Klinik. Tahap I dan II dilaksanakan selama 7 semester, setelah menyelesaikan Tahap II mahasiswa berhak mendapat gelar sarjana kedokteran. Tahap III dilaksanakan selama 3 semester, setelah menyelesaikan tahap III mahasiswa berhak mendapatkan gelar dokter. Selanjutnya lulusan dokter akan mengikuti tahap internship atau magang/latihan kerja sebagai dokter baru selama 2 semester untuk mendapatkan sertifikat melakukan praktik mandiri. Internship dikelola oleh Kolegium Dokter Indonesia (KDI).


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Jenis Seleksi Kedokteran di Universitas Riau ini, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran Universitas Riau, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Riau atau FK UR / Unri, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unri.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment