Soal Kedokteran

Akreditasi dan Profil Jurusan Kedokteran Unimus

Fakultas Kedokteran UMS merupakan salah satu fakultas yang berlokasi di Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang, yang berada di Universitas Muhammadiyah Semarang, baru membuka satu prodi (program studi) yaitu pendidikan dokter atau jurusan kedokteran.

Upaya merintis Universitas Muhammadiyah Semarang mulai dilakukan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah sejak tahun 1996. Proses tersebut ditindaklanjuti dengan pembentukan Panitia Pendiri Universitas Muhammadiyah Semarang berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Nomor : SK.PW/III.B/9.6/001/1997.

Pada tahun 1999 Unimus didirikan. Universitas yang baru berumur 16 tahun ini dari tahun ke tahun semakin berkembang. Karena bagi UNIMUS, hari esok harus lebih baik dari hari ini. Yang telah dicapai saat ini bukanlah sebuah akhir, melainkan suatu awal dari capaian-capain yang lain.

Perkembangan UNIMUS dari tahun ke tahun dapat terlihat dengan dibukanya fakultas-fakultas baru ataupun lulusan yang berkualitas. Namun, yang tak kalah penting dari itu semua adalah semakin berkembangnya fasilitas yang dimiliki UNIMUS dari tahun ke tahun. UNIMUS selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas yang terdapat di kampus, supaya dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan lulusan-lulusan yang berkualitas.

Walaupun kampus UNIMUS tersebar di 5 tempat, tidak menjadi masalah untuk terus meningkatkan fasilitas-fasilitas yang ada saat ini. Ruang-ruang kelas juga terus ditingkatkan jumlah dan fasilitas-fasilitas pendukung didalamnya. Laboratorium lengkap dengan peralatan yang memadai juga telah tersedia untuk menunjang kegiatan praktek para mahasiswa.

Selain ruang kelas dan laboratorium yang cukup dan terus ditingkatkan, UNIMUS juga memiliki perpustakaan yang tersebar di tiap kampus. Perpustakaan di Kedungmundu (Rektorat), Kampus PPNI (Kebidanan), Wonodri (FIKKES & Fak.Kedokteran), Kampus Kasipah (FT, FE, FKM, dan FBBA), semua kampus tersambung dalam satu jaringan interkonekasi antar kampus, sehingga data pengolahan buku baik peminjaman maupun pengembalian, terpusat di satu server. Ditambah dengan perpustakaan FMIPA di Kampus Jl. Prof. Dr Hamka km.1 Ngaliyan Semarang.

Fasilitas-fasilitas yang ada saat ini, merupakan perwujudan dari cita-cita di masa lalu saat UNIMUS pertama berdiri. Namun, di masa yang akan datang UNIMUS juga memiliki cita-cita untuk lebih meningkatkan fasilitas-fasilitas kampus. yang sekali lagi tujuan akhirnya untuk mendapatkan lulusan-lulusan yang berkualitas.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran



Visi Prodi Kedokteran


"Menjadi pusat Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Kedokteran Pelayanan Kesehatan Primer dengan Pendekatan Konsep kedokteran Keluarga Islami di Indonesia".


Misi Prodi Kedokteran


  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran berbasis Standar Kompetensi Dokter Indonesia | yang berwawasan Ke-Islaman dan Ke-Muhammadiyahan dalam penerapan praktik kedokteran.
  2. Menghasilkan dokter yang mampu memberikan pelayanan kesehatan primer dengan pendekatan kedokteran keluarga | yang dapat memimpin masyarakat di wilayahnya menjadi masyarakat yang sehat jasmani, rohani dan sosial berdasar ajaran Islam dan Muhammadiyah.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang kedokteran dasar klinik dan kedokteran komunitas | yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen untuk memperkaya materi proses pembelajaran kedokteran.
  4. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan temu ilmiah berdasarkan hasil penelitian | serta kajian lain yang termasuk hot issue di bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat guna mendukung pendidikan kedokteran.



Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Semarang adalah bernilai , berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 024 Tahun 2012 yang berlaku s.d. tahun 2017.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Akreditasi BAN-PT Prodi Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, Macam-macam Seleksi Kedokteran, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- unimus.ac.id

Post a Comment

0 Comments