Jalur Seleksi Fakultas Kedokteran UGM Tahun Akademik 2018/2019

Posted by Online Consultant on Tuesday, March 13, 2018

Setiap tahunnya Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada begitu diminati sekian banyak pelajar yang ingin meneruskan pendidikan di FK UGM yang terkenal dan favorit siswa/i. Walaupun banyak jenis seleksi yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa, namun tak mudah menembus persaingan yang kompetitif. Namun meskipun persaingan di jurusan Kedokteran Universitas ini termasuk tinggi / ketat, disamping punya passing grade yang lumayan tinggi lebih dari 60 % namun tak menyurutkan semangat mereka yang ingin mengecap bangku kuliah di Prodi Kedokteran di salah satu Universitas Tertua di Republik Indonesia ini.

Untuk mengenal berbagai jalur Seleksi Kedokteran di Universitas Gadjah Mada, serta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran Universitas Gadjah Mada, berikut kami sampaikan hasi review kami untuk anda yang membutuhkan informasi yang kredibel. Semoga berkenan!



Jalur Seleksi PMB Universitas Gadjah Mada


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)


Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang berdasar atas konsensus Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah berdasarkan pada prestasi akademik siswa pesertanya di sekolah.

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya adalah SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS, mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Ujian Nasional (NUN) serta mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)


SBMPTN merupakan pola penerimaan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional.


Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA)


Seleksi Penelusuran Bibit Unggul UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola seleksi berdasarkan pada prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pola ini bertujuan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2014 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana. Adapun Seleksi Penelusuran Bibit Unggul yang diselenggarakan oleh UGM adalah sebagai berikut:

- Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

- Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah perjanjian kerjasama dengan mitra yang masih berlaku.

- Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

- Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)

Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional. Bidang olahraga dan seni yang dimaksud meliputi berbagai cabang olah raga prestasi.


Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)


Seleksi Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2016, 2017 dan 2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi).


Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)


Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM. Jadwal seleksi dan informasi lebih lanjut klik disini.


Jadwal Seleksi Masuk Universitas Gadjah Mada - UGM |


No.Jalur Penerimaan PendaftaranSeleksi Pengumuman
1 Snmptn UGM 21 Februari – 6 Maret 2018Proses Seleksi Sekitar Februari – Maret 2018 17 April 2018
2 Sbmptn UGM Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB.UTBC dan UTBK dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 8 Mei 2018 Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB
3 Jalur Seleksi Mandiri Informasi mengenai seleksi mandiri UGM akan disampaikan melalui laman ini pada minggu ke-3 bulan Maret 2018.-- --


Download contoh latihan soal Kedokteran Universitas Gadjah Mada - UGM


No.Download Latihan Jenis Seleksi Contoh dan Jumlah Latihan Soal serta Pembahasannya
1 Silakan didownload Latihan Soal disini UM UGM Tes Potensi Akademik (5 soal)
1 Silakan didownload Pembahasan Soal disini UM UGM Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Latihan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)
2 Silakan didownload Pembahasan Soal disini Sbmptn Tes Potensi Akademik (5 soal)


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Ragam Seleksi Kedokteran di Universitas Gadjah Mada, atau Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diujikan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu para peminat jurusan kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- ugm.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment