Soal Kedokteran

Profil Fakultas Kedokteran Unud

Fakultas Kedokteran Unud (FK UNUD) Provinsi Bali, didirikan pada tahun 1962 dan merupakan salah satu bagian dari 12 Fakultas yang ada di bawah Universitas Udayana (Unud).

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana berlokasi di Denpasar (Pusat Kota Propinsi Bali). Fakultas Kedokteran UNUD merupakan salah satu dari institusi pendidikan kedokteran yang memiliki kualitas yang tinggi dan dapat disejajarkan dengan institusi pendidikan kedokteran pada tingkat nasional dan tingkat ASEAN.

Dewasa ini, FK UNUD menjalankan 2 (dua) program pendidikan sarjana dan program post graduate (baik pendidikan spesialis, program master ataupun program doktoral dalam ilmu bio medis). Disamping menjalankan tugas sebagai elemen pendidik, FK UNUD juga berperan aktif dalam proses penelitian dan pelayanan publik. Ketiga hal ini merupakan elemen inti dari prinsip-prinsip perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini di kenal sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Secara historis, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, bersama dengan Fakultas Sastra dan Budaya, Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Udayana pada tanggal 17 Agustus 1962 berdasarkan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIK) Nomor 104 Tahun 1962 tanggal 9 Agustus 1962.

Fakultas Kedokteran pada awalnya merupakan fakultas yang melaksanakan program pendidikan dokter, sehingga tujuan didirikannya FK Unud adalah untuk mendidik mahasiswa calon dokter. Pada perkembangannya, berdiri program studi (prodi) di bidang kesehatan lainnya. Sampai saat ini Fakultas Kedokteran memiliki 6 prodi sarjana (strata-1), 19 prodi pendidikan spesialis-1 (Sp-1), 4 prodi magister (strata-2) dan 1 prodi doktor (strata-3).

Visi dan Misi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Visi

Terwujudnya Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Sebagai Lembaga Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya Serta Mempunyai Daya Saing Di Tingkat Nasional, Regional dan Global di Tahun 2025 Berdasarkan visi diatas yang dimaksud dengan unggul, mandiri dan berbudaya adalah sebagai berikut.
  1. Unggul: bermakna mempunyai kelebihan dalam bidang tertentu yang bersifat komparatif, kompetitif, dan inovatif di tingkat lokal, nasional, dan internasional, berkontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta pembangunan masyarakat.
  2. Mandiri: bermakna memiliki kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan dalam mengelola sumberdaya secara optimal untuk menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia.
  3. Berbudaya: bermakna menjunjung tinggi budaya akademik berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila dan kearifan lokal yang bersifat universal untuk berinteraksi di masyarakat dengan mengedepankan kejujuran dan keselarasan antara pikiran, perkataan dan perbuatan yang baik (Trikaya Parisuda).

Misi

Memberdayakan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Sebagai Lembaga Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Berlandaskan Pengembangan IPTEKS Dan Nilai Budaya

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan tenaga kesehatan bermutu yang memiliki kompetensi tinggi dalam penguasaan iptek
  2. Meningkatkan kapasitas institusi pendidikan kesehatan dalam memberikan akses pelayanan pendidikan kepada masyarakat
  3. Mengembangkan institusi pendidikan kesehatan yang sehat melalui optimalisasi peran organ-organ organisasi tata kelola sesuai dengan prinsip BLU
  4. Mengembangkan kerja sama di berbagai bidang untuk meningkatkan mutu tridharma perguruan tinggi
  5. Menghasilkan penelitian yang bermutu, relevan dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan iptek, menghasilkan publikasi ilmiah nasional, internasional dan paten untuk kepentingan masyarakat.

Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter (PSSKPD)

Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter (PSSKPD) secara resmi menjadi salah satu program studi sejak tahun 2006, sebagai awal dari adanya program studi di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Izin operasional prodi terakhir diperbaharui dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 204/E/O/2013 tanggal 29 Agustus 2013. Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter telah terakreditasi A sesuai dengan SK dari LAM-PTKes Nomor: 0001/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2017 dan Nomor 0002/LAM-PTKes/Akr/Pro/2017 tertanggal 29 Januari 2017 yang berlaku hingga 29 Januari 2022.

Visi, Misi dan Tujuan

A. Visi

Menjadikan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai lembaga pendidikan kedokteran yang unggul, mandiri, berbudaya, dan beretika serta mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional pada Tahun 2025

B. Misi

Misi Umum. Memberdayakan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sebagai program studi yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berlandaskan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan dan nilai budaya serta etika.

Misi Khusus :

  1. Melaksanakan dan meningkatkan kegiatan pendidikan (jenjang Sarjana maupun jenjang profesi), penelitian dan pengabdian masyarakat bertaraf nasional dan internasional, berlandaskan budaya, moral, etika, dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat dan menghasilkan lulusan dokter yang berbudi luhur.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan budaya yang inovatif dan prospektif untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Mewujudkan program studi yang mandiri dan profesional dalam pengelolaan dan pengembangan institusi serta mempunyai tata kelola yang baik (Good Corporate Governance).

C. Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Kedokteran dan Dokter yang kompeten dalam penguasaan iptekdok dan kedokteran wisata;
  2. Meningkatkan kapasitas program studi dalam memberikan akses pelayanan pendidikan kepada masyarakat;
  3. Mengembangkan program studi yang sehat melalui optimalisasi peran organisasi tata kelola sesuai dengan prinsip BLU;
  4. Mengembangkan kerja sama dengan institusi pendidikan, penelitian, dan pelayanan di bidang kedokteran dan kesehatan untuk menjamin pelaksanaan dan peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di program studi;
  5. Menghasilkan penelitian, inovasi penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedokteran dan kedokteran wisata yang dipublikasikan dalam pertemuan/jurnal ilmiah nasional, internasional serta paten sehingga bermanfaat untuk kepentingan dunia kedokteran, kedokteran pariwisata, dan masyarakat.

Keuangan, Sarana dan Prasarana

Anggaran untuk menunjang pelaksanaan kegiatan di program studi berasal dari uang kuliah mahasiswa (UKT/Uang Kuliah Tunggal dan SPI/Sumbangan Pengembangan Institusi), anggaran dari APBN serta sumber-sumber lain yang sah sesuai aturan yang berlaku.

Guna menunjang pelaksanaan kegiatan, setiap tahun program studi menyusun rencana kegiatan tahunan beserta anggaran yang dibutuhkan (RKAT/Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan). Usulan dari prodi kemudian diteruskan oleh fakultas kepada rektor dan selanjutnya dimohonkan persetujuan dan pengesahan dari kementerian. Persetujuan dari kementerian kemudian diturunkan ke prodi dalam bentuk POK (Pedoman Operasional Kegiatan) yang menjadi acuan untuk melaksanakan seluruh rencana kegiatan tahunan dan membuat pertanggungjawaban keuangannya.

Dalam pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana ini telah disepakati kebijakan yang mengatur pembagian tugas dan tanggung jawab antara prodi dan fakultas. Prodi bertanggungjawab dalam mengelola anggaran operasional proses pendidikan, sedangkan fakultas bertanggungjawab terhadap pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana, serta mengkoordinasikan anggaran untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sebagai upaya untuk menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran pelaksanaan Tri Dharma-PT, UPPS telah menginvestasikan anggaran yang cukup besar melengkapi berbagai kebutuhan institusi. Telah dibangun gedung baru (gedung Cakra Vidya Usadha) untuk menunjang kegiatan pelatihan ketrampilan klinik (Clinical Skills Lab) beserta manekin dan sarana pendukungnya. Sarana prasarana ruang kuliah juga secara rutin diperbaharui. Ruang Computer-Based Test (CBT) juga telah diperluas dan ditambah kapasitasnya untuk menunjang pelaksanaan ujian, baik untuk keperluan ujian blok maupun UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter).

Kapasitas bandwidth internet juga telah ditambah sehingga mampu untuk mendukung proses pembelajaran daring di masa pandemi ini. Sebagai sarana pendukung penelitian, Unit Laboratorium Biomedik Terpadu (LBT) juga telah dipindahkan ke Gedung Cakra Vidya Usadha dengan kapasitas yang diperluas. Demikian juga sarana perpustakaan telah dilengkapi koleksinya, baik berupa koleksi hard-copy maupun soft-copy (digital), ruangannya diperluas dan dialokasikan tempat baru di Gedung Cakra Vidya Usadaha.

Profil Lulusan

Profil lulusan PSSKPD FK Unud disusun dengan mengacu kepada Visi dan Misi serta tata nilai Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Penyusunan ini melibatkan seluruh stakeholder internal dan eksternal yang berkaitan dengan pembelajaran di program studi, yaitu melibatkan unsur pimpinan institusi pendidikan, pimpinan rumah sakit pendidikan, pengguna alumni, alumni, tenaga pendidik, dan mahasiswa serta menggunakan hasil tracer study, employer study, dan analisis perkembangan dunia kerja di tingkat lokal, nasional, regional, dan global. Profil lulusan PSSPKD FK Unud, adalah sebagai berikut:

  1. Dokter umum yang professional memberikan layanan pada pusat pelayanan kesehatan primer.
  2. Dokter umum yang unggul di bidang travel medicine.
  3. Dokter umum peneliti di bidang kesehatan.
  4. Dokter umum pengelola program kesehatan.
Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter FK Unud dari sisi geografis berada di daerah pusat pariwisata Indonesia sehingga program studi mengangkat keunggulan di bidang travel medicine. Keunggulan ini dilandasi oleh tata nilai dan filosofi pendidikan Fakultas Kedokteran yang sesuai dengan filosofi pendidikan Universitas Udayana. Implementasi tata nilai tercermin pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan, di antaranya Tri Hita Karana, Cakra Widya Prawartana, dan Taki-Takining Sewaka Guna Widya.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Udayana (Unud) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- unud.ac.id
- fk.ujiantulis.com

Post a Comment

0 Comments