Profil Jurusan Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Posted by Online Consultant on Saturday, January 10, 2015

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya atau UWKS bermula dari keinginan yang kuat untuk itu berperan serta lebih nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, pada tahun 1980 tiga orang tokoh masyarakat jawa timur sepakat untuk mendirikan sebuah yayasan. Ketiga tokoh yang sekaligus mantan anggota brawijaya tersebut adalah almarhum H.Soenandar Prijo Soedarmo, yang saat itu menjabat Ketua Pertimbangan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Golkar Tingkat I Jawa Timur, Almarhum Blegoh Soemarto, ketika itu sebagai Anggota Dewan Pertimbangan DPD Golkar Daerah Tingkat I Jawa Timur dan H. Moch. Said, yang saat itu menjabat Ketua DPD Golkar Daerah Tingkat I Jawa Timur.

Kesepakatan tersebut diwujudkan dengan didirikannya Yayasan Wijaya Kusuma yang dikukuhkan dengan Akta Notaris R. Soebiono Danoesastro, No : 256/1990, tanggal 31 Mei 1980 dan kemudian diperbaharui dengan Akta Notaris Soehartono, SH No : 14 Tahun 1993.

Berkenaan dengan berlakunya Undang-Undang No : 16 Tahun 2001 tentang yayasan, maka penataan organ maupun Anggaran Dasar Yayasan Wijaya Kusuma telah diubah berdasar Undang-Undang tersebut dengan dikukuhkan dalam Akta Notaris Mazwar, SH. No : 1 tanggal 9 April 2003, No. 2 tanggal 10 April 2003 dan Surat Pengesahan Yayasan Wijaya Kusuma No. C.HT.01.09.03 tanggal 2 Mei 2003, Berita Negara No. 87 tanggal 31 Oktober 2003, tambahan Berita Negara No. 107/AD/2003 dan Akta Notaris, SH. No. 3 Tahun 2007 tanggal 24 Desember 2007 dan Surat Dirjen Administrasi Hukum Umum No. AHU-Ah.01.08-866 tanggal 24 Desember 2008 serta TBN. 321/00 BN. No.21.

Yayasan Wijaya Kusuma mendirikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dengan keputusan Badan Pengurus Yayasan No. 001/WK/VI/1981 tanggal 19 Juni 1981. Setelah mendapat ijin Operasional dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur No. 122/I/1981, tanggal 21 September 1981, Bapak Sapardjo selaku Sekretaris Dewan Pembina Daerah Pimpinan Pusat Golongan Karya, meresmikan berdirinya UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA saat itu meliputi 6 (enam) Fakultas yaitu: Teknik, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Keguruan & Ilmu Pendidikan.


Nama "WIJAYA KUSUMA" mengandung makna "Anak Keturunan Raden Wijaya" pendiri dan raja pertama kerajaan besar Mojopahit. Dengan pemberian nama ini diharapkan civitas akademika dapat meneladani kharisma Raden Wijaya yang arif bijaksana, cerdik cendikia dan tangguh dalam menghadapi tantangan. Kharisma inilah yang senantiasa di tumbuh kembangkan dalam melaksanakan pembangunan sumber daya manusia Indonesia di masa kini maupun masa mendatang.

Kelahiran yang bertepatan dengan tanggal hari jadi kota Surabaya, yakni tanggal 31 Mei, menunjukkan eratnya kaitan cita-cita Yayasan dengan tujuan pembangunan kota Surabaya, yayasan terpanggil untuk lebih mengukuhkan predikat, karakteristik dan rencana pembagunan kota Surabaya. Melalui jalur pendidikan formal yang dijiwai pula dengan semangat keteladanan Raden Wijaya, yayasan bertekad membekali generasi muda sebagai generasi penerus bangsa.



Selayang Pandang Profil Prodi Kedokteran


Pada tahun 1986 berdasarkan ijin operasional Kopertis Wilayah VII No. 582/Kop.VII/Q/1986, UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA membuka Fakultas Kedokteran.


Visi Prodi Kedokteran


"Tercipta nya Fakultas Kedokteran UWKS unggulan dengan lulusan yang berkualitas, profesional, humanis, yang mempunyai daya kompetitif dan reputasi tinggi, serta tanggap terhadap permasalahan dan perubahan".


Misi Prodi Kedokteran


1. Pendidikan:
Melaksanakan pendidikan dokter yang bermutu sesuai dengan kemajuan zaman, kebutuhan dan tuntutan masyarakat serta menghasilkan lulusan yang profesional, kompetitif dan berorientasi ke depan.

2. Penelitian:
Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran melalui penelitian dasar, klinik, terapan, institusional yang berkelanjutan untuk menunjang peningkatan dan pengembangan derajat kesehatan masyarakat, ilmu kedokteran dan institusi.

3. Pengabdian kepada Masyarakat:
- Melaksanakan hasil penelitian terapan di masyarakat
- Melaksanakan praktek kerja lapangan di rumah sakit dan puskesmas.


Status Akreditasi Prodi Kedokteran


Akreditasi Program Studi Kedokteran di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya adalah bernilai B, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 257/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XII/2013 Tahun 2013 yang berlaku s.d. tanggal 26 Desember 2018.


Sumber :Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) - Kemdikbud


Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Passing Grade Prodi Kedokteran, Sekilas Profil, serta info Seleksi Kedokteran, beserta Mata Ujian Seleksi Kedokteran yang diteskan dalam Seleksi Kedokteran, bisa anda unduh filenya disini.

Semoga informasi yang kami sajikan bisa membantu melengkapi referensi yang ada, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



Sumber:
- fk.ujiantulis.com
- uwks.ac.id

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment